Ini Beragam Alasan Orang Daftar CPNS

Tiap tahunnya, jutaan orang melamar dan mendaftar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 Februari 2020  |  10:20 WIB
Ini Beragam Alasan Orang Daftar CPNS
Petugas mempersiapkan komputer untuk penyelenggaraan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) melalui Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS) 2020 di Auditorium Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/1/2020). ANTARA FOTO/Maulana Surya - foc.

Bisnis.com, JAKARTA - Tiap tahunnya, jutaan orang melamar dan mendaftar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Muda dan tua berlomba mendaftarkan diri di masing-masing kementerian dan lembaga incarannya. Bahkan, tak sedikit yang rela keluar dari pekerjaan sebelumnya, demi mengincar mimpi menjadi PNS.

Data terakhir yang disiaran BKN, jumlah pembuat akun BKN mencapai 5.056.998 akun dengan 4.432.835 akun mengisi formulir. Meski pembuat akun mencapai angka 5,1 juta namun peserta yang sudah submit hanya 4.196.339 akun.

Dari jumlah tersebut, Kementerian Hukum dan HAM paling diminati pelamar disusul Kementerian Agama, Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung RI, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, Kemenhub dan Kemenkes.

Dalam akun twitternya, Badan Kepegawaian Nasional mengunggah video alasan peserta melamar jadi PNS. Alasan yang disampaikan mulai dari ingin berbakti pada negara, hingga ingin pulang kampung.

Peserta juga memberikan komentarnya soal pelaksanaan pendaftaran dan tes CPNS yang baru serta persiapan mereka menjalani tes.

Berikut videonya dari akun youtube BKN:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cpns

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top