Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Digempur Virus Corona, 4 WNI Pilih Tinggal di Wuhan

Sebanyak 237 WNI dari total 244 orang berhasil dipulangkan dari Provinsi Hubei, China, ke Indonesia pada Minggu (2/2/2020).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 03 Februari 2020  |  06:36 WIB
Para WNI yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei China, bersiap-siap dievakuasi ke Indonesia menggunakan pesawat Batik Air, Sabtu (1/2/2020). - Dok. KBRI Beijing
Para WNI yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei China, bersiap-siap dievakuasi ke Indonesia menggunakan pesawat Batik Air, Sabtu (1/2/2020). - Dok. KBRI Beijing

Bisnis.com, JAKARTA – Empat warga negara Indonesia (WNI) tidak dievakuasi dari Provinsi Hubei, China, karena empat WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Wuhan, China, karena alasan keluarga.

Sedangkan, tiga WNI tidak dapat memenuhi persyaratan kesehatan untuk terbang.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Judha Nugraha menjelaskan ketiganya tidak lolos pemindaian kesehatan bukan berarti terjangkit novel virus corona.

Menurutnya, otoritas China memang memberi sejumlah persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi bagi setiap orang yang akan meninggalkan Hubei, wilayah terdampak novel coronavirus atau virus corona.

"Mereka saat ini tidak terindikasi virus corona sehingga bisa kembali ke asrama universitas masing-masing," ujarnya ketika dihubungi Bisnis.com, Minggu (2/2/2020).

"Ada beberapa persyaratan kesehatan untuk boarding, antara lain tidak sedang menderita demam," katanya.

Sebanyak 237 WNI dari total 244 orang berhasil dipulangkan dari Provinsi Hubei, China, ke Indonesia pada Minggu (2/2/2020).

"KBRI Beijing terus menjalin komunikasi dengan ketiga WNI tersebut dan berkoordinasi dengan pihak asrama universitas serta otoritas China untuk memastikan kondisi dan kebutuhan yang mereka perlukan. Kemlu [Kementerian Luar Negeri] juga telah menghubungi keluarga masing-masing di Indonesia," demikian pernyataan resmi Kemenlu, Minggu (2/2/2020).

Sementara itu, total orang yang berhasil dikembalikan ke Tanah Air oleh Tim Pemulangan Pemerintah Indonesia berjumlah 243 orang.

Mereka terdiri dari 237 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, satu warga negara asing yang berstatus suami WNI, serta lima anggota Tim Aju KBRI Beijing. Keseluruhan penumpang telah tiba dengan selamat di Natuna.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus corona china wni
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top