Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jawa Barat Jadi Provinsi dengan Keluarga Miskin Terbanyak di Indonesia

Jumlah keluarga yang menerima program bantuan sosial di Jabar mencapai 1,59 juta keluarga.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  15:01 WIB
Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Republik Indonesia Harry Hikmat mengungkapkan jumlah keluarga miskin terbanyak berada di Jawa Barat. Harry mengharapkan keluarga miskin bisa juga mengikuti program pemberdayaan untuk meningkatkan kualitas keluarga, Rabu (29/1 - 2020). Novita Sari Simamora
Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Republik Indonesia Harry Hikmat mengungkapkan jumlah keluarga miskin terbanyak berada di Jawa Barat. Harry mengharapkan keluarga miskin bisa juga mengikuti program pemberdayaan untuk meningkatkan kualitas keluarga, Rabu (29/1 - 2020). Novita Sari Simamora

Bisnis.com, CIMAHI—Provinsi Jawa Barat memiliki jumlah keluarga miskin terbanyak di Indonesia. Kondisi tersebut menjadikan provinsi ini sebagai penerima program keluarga harapan tertinggi.

Adapun program keluarga harapan (PKH) adalah pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Jumlah keluarga yang menerima program bantuan sosial di Jabar mencapai 1,59 juta keluarga.

Setelah Jawa Barat, provinsi kedua yang memiliki keluarga miskin terbanyak yakni Jawa Timur sebanyak 1,53 juta keluarga. Kemudian disusul oleh Jawa Tengah, Lampung dan Sumatra Utara masing-masing sebanyak 1,36 juta keluarga miskin, 435.625 keluarga miskin dan 408.294 keluarga miskin.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Republik Indonesia Harry Hikmat mengungkapkan dari persentase penduduk miskin, Jawa Barat terbilang kecil akan tetapi memiliki jumlah yang lebih tinggi dibandingkan jumlah penduduk miskin di Papua.

Adapun, jumlah penduduk miskin di Papua dan Papua Barat hanya 50.281 keluarga dan 35.105 keluarga penerima manfaat.

“Persentase di Jawa Barat penduduk miskin terbilang kecil dibandingkan provinsi lain, tetapi jumlahnya masih banyak. Memang tak bisa hanya menghitung dari persentase tetapi harus dilihat dari populasi,” ungkap Harry di Cimahi sebelum acara penyerahan PKH tahap 1, Rabu (29/1/2020).

Dalam data PKH Nasional tahap I/2020, terdapat 9,02 juta keluarga miskin yang menerima bantuan sebesar Rp7 triliun. Pada tahap pertama ini, Jawa Barat menerima bantuan sosial program PKH senilai Rp1,18 triliun.

Sementara itu, Jawa Timur dan Jawa Tengah masing-masing menerima dana PKH senilai Rp1,04 triliun dan Rp959,46 miliar. Sedangkan Lampung dan Sumatra Utara masing-masing menerima Rp333,49 miliar dan Rp393,27 miliar.

Harry menuturkan bahwa perhitungan jumlah penduduk miskin telah proporsional berdasarkan indikator, jumlah distribusi calon KPM PKH hingga PKH yang telah menerima manfaat. Dia pun berharap keluarga miskin Jawa Barat yang menerima manfaat bansos bisa menjadi gradasi mandiri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

program keluarga harapan (pkh)
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top