Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survey : Joe Biden Merajai Nominasi Partai Demokrat untuk Capres

Mantan Wakil Presiden Joe Biden memimpin nominasi calon presiden AS dari Partai Demokrat. Sementara beberapa kandidat lainnya mendapat momentum dalam upaya mereka untuk maju ke Gedung Putih, menurut jajak pendapat nasional yang dilakukan Reuters/Ipsos yang dirilis Kamis (23/1/2020).
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 24 Januari 2020  |  10:05 WIB
Mantan Wapres AS Joe Biden - Bloomberg
Mantan Wapres AS Joe Biden - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Joe Biden memimpin nominasi calon presiden AS dari Partai Demokrat. Sementara beberapa kandidat lainnya mendapat momentum dalam upaya mereka untuk maju ke Gedung Putih, menurut jajak pendapat nasional yang dilakukan Reuters/Ipsos yang dirilis Kamis (23/1/2020).

Jajak pendapat online pada 22-23 Januari menunjukkan bahwa 24 persen kalangan Demokrat dan independen yang terdaftar mendukung Biden, sementara 20 persen mendukung Senator Bernie Sanders, dan 12 persen mengatakan mereka akan memilih Senator A. Warren seperti dikutip Reuters, Jumat (24/1/2020).

Sedangkan 10 persen lainnya mendukung mantan Wali Kota New York City, Michael Bloomberg, 7 persen memilih mantan Wali Kota Pete Buttigieg dari South Bend, Indiana dan 3 persen mendukung Senator AS, Amy Klobuchar, menurut hasil survey itu.

Biden, yang menjalani dua masa jabatan wakil presiden semasa Presiden Barack Obama berkuasa, secara konsisten menerima jumlah dukungan terbesar sejak survey tahun lalu. Namun jumlah pendukungnya tidak terlalu jauh berbeda dari sejumlah calon lainnya untuk nominasi.

Kalangan pendukung Partai Demokrat dan independen masih bersaing dua minggu sebelum kontes pencalonan pertama dimulai di negara bagian Iowa.

Sedangkan di antara mereka yang telah mendaftar untuk memilih, hanya 43 persen dari mereka yang telah menetapkan pilihan. 

Responden jajak pendapat mengatakan bahwa mereka menganggap Sanders paling cocok untuk menangani masalah seperti perawatan kesehatan dan lingkungan.Sedangkan Biden dianggap yang terbaik dalam menyatukan Partai Demokrat dan mengalahkan Trump.

Bloomberg, Buttigieg, dan Klobuchar secara perlahan meraup dukungan. Masing-masing dari mereka mendapatkan beberapa poin persentase selama beberapa minggu terakhir.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat pilpres amerika
Editor : Akhirul Anwar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top