Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tidak Hanya BUMN, Wapres Ma'ruf Minta Emiten Gandeng UMKM

Pemerintah meminta perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia memperkuat kerja sama dengan usaha mikro kecil dan menengah untuk menumbuhkan pengusaha baru.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 17 Desember 2019  |  16:49 WIB
Karyawan berada di depan papan elektronik yang menampilkan harga saham di Jakarta, Senin (22/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan berada di depan papan elektronik yang menampilkan harga saham di Jakarta, Senin (22/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah meminta perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia memperkuat kerja sama dengan usaha mikro kecil dan menengah untuk menumbuhkan pengusaha baru.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta emiten di pasar modal membagi bisnis yang mereka jalankan dengan menggandeng pelaku UKM.

"Jangan sampai mereka hanya di antara mereka saja [emiten] mencari keuntungan saja tanpa memperhatikan UMKM. Kita ingin semua BUMN, pengusaha, ecommerce ikut bersama mengembangkan UMKM," kata Ma'ruf di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Pemerintah memperkirakan jumlah UMKM di Indonesia mencapai 59 juta. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring stabilnya pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5%. Bahkan untuk 2020 pertumbuhan ekonomi dipatok 5,3%.

Ma'ruf dalam kesempatan terpisah menyebutkan kolaborasi bersama antara emiten dan UMKM ini diharapkan dapat mendorong percepatan perusahaan kecil ini membesar sehingga layak mencatatkan sahamnya sesuai ketentuan pasar modal sebagai perusahaan terbuka.

"Untuk itu, diharapkan kepada seluruh emiten dapat bekerjasama atau ber-partnership dengan UMKM, sehingga dimasa yang akan datang akan semakin banyak jumlah UMKM naik kelas dan mampu berkancah di pasar modal," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emiten baru
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top