Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Burhanuddin Muhtadi: Isi Kepala Jokowi Soal Resesi

Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menilai isu ekonomi menjadi fokus pemerintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama lima tahun ke depan. Sejauh ini Jokowi selalu menekankan reformasi ekonomi dibandingkan dengan reformasi demokrasi.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 09 Desember 2019  |  18:00 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memberikan paparan dalam acara BNI-Bisnis Indonesia Business Challenges 2020, Senin (9/12/2019). Bisnis - Fahmi Achmad
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memberikan paparan dalam acara BNI-Bisnis Indonesia Business Challenges 2020, Senin (9/12/2019). Bisnis - Fahmi Achmad

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menilai isu ekonomi menjadi fokus pemerintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama lima tahun ke depan. Sejauh ini Jokowi selalu menekankan reformasi ekonomi dibandingkan dengan reformasi demokrasi.

“Sejak April sampai sekarang, Jokowi sudah bilang resesi sebanyak 97 kali. Jadi isi kepala beliau adalah antisipasi resesi,” katanya dalam BNI-Bisnis Indonesia Business Challenges 2020, Senin (9/12/2019).

Burhanuddin melanjutkan bahwa fenomena itu seiring dengan perubahan orientasi masyarakat terhadap isu publik. Saat ini, tiga besar isu publik terkait dengan ekonomi, bukan lagi antikorupsi.

Menurutnya, hal itu akan mengecewakan sebagian pendukungnya yang fokus pada isu antikorupsi. Namun, Jokowi akan terhindar dari gejolak politik apabila dapat mempertahankan stabilitas ekonomi.

Namun, apabila Jokowi memiliki keinginan untuk menjaga keseimbangan di antara dua isu tersebut, demokrasi dan ekonomi, penting bagi RI-1 untuk menguji solidaritas koalisi.

“Beliau harus uji koalisi besar ini dengan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang tidak populer sesegera mungkin,” kata Burhanuddin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top