Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKB Dorong DPR Bentuk Pansus Jiwasraya

Dugaan korupsi yang terjadi di salah satu BUMN ini harus diperkuat dengan upaya politik dengan harapan bisa mempercepat proses penyelesaian masalah.
Pejalan kaki melintas di dekat logo PT Asuransi Jiwasraya, di Jakarta/JIBI-Dedi Gunawan
Pejalan kaki melintas di dekat logo PT Asuransi Jiwasraya, di Jakarta/JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar mendorong agar segera dibentuk panitia khusus (Pansus) DPR terkait kasus asuransi Jiwasraya. 

Pasalnya, adanya dugaan korupsi yang terjadi di salah satu BUMN ini harus diperkuat dengan upaya politik dengan harapan bisa mempercepat proses penyelesaian masalah. 

“Pansus Jiwasraya ini hadir karena adanya masyarakat yang menjadi korban dari asuransi Jiwasraya ini. Jadi rasanya tidak cukup secara hukum saja untuk menyelesaikannya, perlu didorong juga secara politik agar pemerintah bersungguh-sungguh mengatasi masalah ini,” kata Marwan yang juga anggota Komisi VI DPR RI, Sabtu (7/12).

Sebagaimana diketahui pihak Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menemukan adanya dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk periode 2014-2018. 

Dugaan tindak korupsi ini dilakukan melalui produk Bancassurance dan Aliansi Strategis yang menyebabkan kerugian hingga Rp13,74 triliun per September 2019.

Alasan lain mengapa langkah politik perlu dilakukan untuk mengatasi kasus Jiwasraya ini, kata Marwan, karena perusahaan ini memiliki rekam jejak yang sangat bersejarah. 

Jiwasraya tercatat sebagai perusahaan asuransi pertama di Indonesia yang dibangun pada 31 Desember 1859. 

Namun perusahaan yang didirikan Belanda itu dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia lewat  lprogram Indonesianisasi perekonomian Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No.23/1958. 

“Jadi permasalahan Jiwasraya ini melibatkan juga rasa nasionalisme kebangsaan kita. Artinya, dalam upaya mempercepat penyelesaian masalah ini maka dukungan secara politik akan sangat dibutuhkan,” ujarnya. 

Marwan menambahkan pembentukan Pansus Jiwasraya ini nantinya sejalan juga dengan sejumlah terobosan yang telah dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. 

Selain itu, ia pun mendukung keinginan Menteri BUMN yang meminta payung hukum terhadap undang undang asuransi di Indonesia. “Kita siap menyambutnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper