Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendiang Ciputra: Temukan Rahasia Telur Columbus atau Anda akan Jalan di Tempat

"Temukan rahasia Telur Columbus di setiap usaha. Jika tidak menemukannya, Anda akan berlari di tempat," tegas Pak Ci.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 27 November 2019  |  10:25 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah banyak petuah bisnis yang dilontarkan mendiang Ciputra, pendiri raksasa properti Grup Ciputra, yang lebih akrab disapa Pak Ci tersebut.

Dengan jargon entrepreneur, almarhum Pak Ci yang berpulang pada usia 88 tahun, dini hari tadi Rabu (27/11/2019) pukul 01.05 di Singapura.

Salah satu petuah yang dia lontarkan untuk para pelaku bisnis milenial adalah rahasia telur Columbus, yaitu kisah Christopher Columbus sang penemu Benua Amerika saat dilecehkan ide-ide kreativitasnya dalam sebuah jamuan kaum elit.

"Temukan rahasia Telur Columbus di setiap usaha. Jika tidak menemukannya, Anda akan berlari di tempat," tegas Pak Ci dalam sebuah acara bertajuk Artpreneur Talk 2018 pada bulan Februari tahun lalu.

Cerita rahasia telur berawal dari tantangan Columbus kepada tamu di jamuan elit tersebut untuk mendirikan telur di atas meja tanpa alat bantu apa pun. Semua tamu gagal menjawab tantangan tersebut.

Kemudian Columbus menunjukkan cara sederhana untuk mendirikan telur agar tegak berdiri di atas meja. Caranya adalah dengan memecahkan sedikit bagian ujung telur yang bukan runcing sebagai tumpuan untuk mendirikan telur.

Dia pun berujar "Ini adalah hal yang paling sederhana di dunia. Namu, setiap orang baru bisa melakukan setelah ditunjukkan caranya."

Itulah yang maksud rahasia telur Colombus oleh mendiang Pak Ci. Lalu apa kaitannya dengan kiat sukses sebagai entepreneur?

Menurut Pak Ci, pesan moral dari rahasia telur Colombus itu lebih ke cara berpikir seseorang dalam memecahkan masalah bukan didasarkan intelegensia atau IQ (intelligence quotient) , melainkan lebih kepada unsur semangat yang dalam hal ini dia sebut EQ (emotional quotient) dan SQ (spiritual quotient).

Menurut Pak Ci, untuk menjadi entrepreneur besar, IQ cukup 120. Namun ada yang lebih penting dari IQ, yaitu semangat. "Saya sendiri tak tahu berapa IQ Saya, tetapi Saya selalu penuh dengan semangat," ujarnya.

Pak Ci mengingatkan agar para entepreneur memiliki semangat tinggi untuk terus menemukan inovasi guna menguak tabir seperti halnya ketika Colombus mengenalkan cara sederhana mendirikan telur. Simak penuturan mendiang Pak Ci dari video Bisnis TV di atas.

Keseimbangan emosi Pak Ci dalam memadukan IQ, EQ, dan SQ dia perlihatkan dalam dua sisi kiprah yang berbeda. Sebagai pengusaha, Pak Ci dikenal sebagai businessman properti yang sukses dengan kelompok usaha antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu, dia sebagai pendiri dan pencetus Taman Impian Jaya Ancol, Bumi Serpong Damai, Pondok Indah, dan Bintaro.

Namun, di luar kesibukannya sebagai pengusaha Pak Ci memiliki kegiatan sebagai seorang filantropis, yang rela mendedikasikan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain. Selamat jalan Pak Ci.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top