PKS Belum Terima Usulan Nama Gibran Sebagai Calon Wali Kota Solo

DPD PKS Surakarta belum mengusulkan nama calon wali kota yang akan diusung di Pilkada 2020 kepada Dewan Pimpunan Pusat (DPP) PKS hingga kini.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 26 November 2019  |  19:05 WIB
PKS Belum Terima Usulan Nama Gibran Sebagai Calon Wali Kota Solo
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman memastikan DPD PKS Surakarta belum mengusulkan nama calon wali kota yang akan diusung di Pilkada 2020 kepada Dewan Pimpunan  Pusat (DPP) PKS hingga kini.

Namun demikian, dia mengaku telah mendengar usulan nama putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tersebut untuk ikut kontestasi politik di kota kelahiran Presiden Jokowi tersebut.

Sohibul mengatakan bahwa sistem pengusungan nama calon kepala daerah di PKS harus melalui keputusan DPP PKS. Menurutnya, DPP PKS nantinya akan menunjuk satu dari beberapa nama calon yang akan diusung DPD PKS Surakarta di Pilkada 2020 mendatang.

"Dari bawah itu ada syarat, mengusulkan ke DPP itu minimal dua kandidat. Nanti DPP yang akan memilih di antara dua nama itu," katanya, Selasa (26/11).

Karena itu dia mempersilakan kadernya di Solo mengusulkan nama Gibran Rakabuming Raka Pilkada tersebut. DPP PKS memberikan kebebasan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Surakarta untuk menentukan pilihan, apakah akan mengusung Gibran atau nama lainnya.

"Ya silakan saja, tergantung suasana batin mereka di sana," kata Sohibul kepada wartawan.

Sebelumnya, Gibran menyatakan kesediaan maju sebagai calon wali kota Solo dalam Pilkada Serentak 2020. Bahkan Gibran mendaftar masuk menjadi kader PDIP dan sowan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

 Sedangkan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan nasib pencalonan Gibran ada di tangan Megawati.

Dia menjelaskan PDIP punya mekanisme penjaringan dalam pencalonan kepala daerah yang dimulai dari survei kandidat hingga pemetaan politik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pks, Gibran Rakabuming Raka

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top