Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BKN Minta Sejumlah Instansi Perpanjang Batas Waktu Pendaftaran CPNS

Instansi yang telah menentukan batas waktu pendaftaran namun kurang dari 15 hari diharapkan dapat melakukan perpanjangan pendaftaran sekurang-kurangnya sampai dengan 15 hari kalender.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 23 November 2019  |  17:54 WIB
CPNS2019 - sscn.bkn.go.id
CPNS2019 - sscn.bkn.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana mengeluarkan imbauan bagi sejumlah Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk memperpanjang batas waktu pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Imbauan ini disampaikan menyusul dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor B/1236/M.SM.01.00/2019 tentang Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bagi Penyandang Disabilitas dan berdasarkan hasil Rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pada Kamis (21/11/2019).

Dalam Surat Nomor K 26-30/V 189-3/2019 tentang Batas Waktu Pendaftaran CPNS tertanggal 22 November 2019, Kepala BKN meminta instansi yang telah menentukan batas waktu kurang dari 15 hari untuk memperpanjang masa pendaftaran.

"Instansi yang sudah mengumumkan penerimaan CPNS tahun 2019, tapi belum mencantumkan persyaratan sebagaimana Surat Edaran Menteri PANRB terkait penyandang disabilitas agar melakukan peninjauan kembali," tulis Bima sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Sabtu (23/11/2019).

Berdasarkan Pasal 22 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, batas waktu pengumuman penerimaan CPNS ditentukan setidaknya 15 hari kalender. Oleh karena itu, instansi yang telah menentukan batas waktu pendaftaran namun kurang dari 15 hari diharapkan dapat melakukan perpanjangan pendaftaran sekurang-kurangnya sampai dengan 15 hari kalender.

Adapun bagi instansi yang telah menentukan batas waktu pendaftaran antara 15 sampai dengan 20 hari kalender, Kepala BKN menyebutkan proses pendaftaran dapat dilanjutkan sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Di sisi lain, instansi yang telah menentukan batas waktu pendaftaran lebih dari 20 hari kalender diharapkan dapat mengubah batas waktu pendaftaran maksimal 20 hari kalender.

“Berkenaan dengan hal tersebut di atas, bagi instansi yang akan melakukan perpanjangan batas waktu pendaftaran maksimal 20 hari kerja kalender, diwajibkan mengirimkan surat permohonan kepada Kepala BKN selaku Ketua Pelaksana Seleksi CPNS Nasional Tahun 2019,” demikian bunyi Surat Kepala BKN tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpns

Sumber : Setkab.go.id

Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top