Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Terima DIPA, Menteri LHK Rapatkan Barisan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama Wakil Menteri (Wamen) LHK Aloe Dohong, menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) dengan semua pejabat eselon I KLHK.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama Wakil Menteri (Wamen) LHK Aloe Dohong, menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) dengan semua pejabat eselon I KLHK.

Untuk pertama kalinya, sejak adanya penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) ini atau dalam berpuluh tahun lamanya, maka baru kali ini yakni 14 November lalu, KLHK menerima secara langsung DIPA yang diserahkan langsung dari tangan Presiden Joko Widodo.

“Saya sungguh tidak menyangka dan menurut saya hal itu mempunyai arti yang sangat penting bagi  KLHK dan menjadi tanggung jawab seluruh jajaran KLHK. Hal ini harus saya tegaskan kepada semua unsur pimpinan KLHK,” ujar Siti menjelaskan alasan menggelar Rapim sekembalinya dari Istana Negara  Kamis sore (14/11/2019).

Kepada media pada Sabtu (16/11/2019), Siti mengatakan DIPA untuk pembangunan 2020 diserahkan oleh Presiden Jokowi secara simbolik kepada 12 menteri dan 34 gubernur.

Siti merupakan satu di antara 12 menteri penerima DIPA atas pertimbangan peran penting dalam pembangunan 2020 serta kinerja lembaga.

Lebih lanjut, Siti menjelaskan bahwa dari DIPA 2020 LHK sebesar Rp9,01 triliun, terdapat lebih dari Rp4,9 triliun program yang dimandatkan sebagai prioritas nasional (PN), yaitu pada PN pertumbuhan ekonomi berkualitas, pada PN mengatasi kesenjangan dan pada PN kualitas lingkungan dan ketahanan bencana serta dampak iklim.

Kalau dihitung dana pegawai dan operasional kantor sebesar Rp2,8 triliun bagi hampir 17.000 pegawai, maka mandat kepada KLHK untuk menjalankan program PN itu mencakup sekitar 79%.

“Bagi saya ini mandat luar biasa dan cukup berat, sehingga harus benar-benar dipertanggungjawabkan keberhasilan output dan outcome serta sasaran fungsional program dan dampaknya bagi rakyat. Ini bukan main-main, oleh karena itu dari istana saya langsung minta  dilaksanakan rapat seluruh unsur pimpinan KLHK,” tegas Siti.

Dalam rapat briefing satu jam itu, Siti secara panjang lebar menegaskan program dan sasaran serta langkah-langkah percepatan implemnetasinya seperti persiapan administrasinya dan strategi operasional lapangan.

“Kepercayaan yang besar harus diisi oleh kerja keras dan upaya yang besar juga dari seluruh jajaran kementerian. Mari kita buat yang baik untuk kebaikan negeri ini,” ujar Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper