Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Mendikbud Nadiem ke Rektor ITB: Harus Siap Dipecat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan beberapa pesan dalam sidang tertutup pemilihan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dilakukan bersama Majelis Wali Amanat (MWA) ITB.
Mendikbud dan Dikti Nadiem Makarim memimpin rapat pertama dengan eselon 1 dan 2 Kemendikbud, Kamis (24/10/2019)./Twitter @Kemdikbud_RI
Mendikbud dan Dikti Nadiem Makarim memimpin rapat pertama dengan eselon 1 dan 2 Kemendikbud, Kamis (24/10/2019)./Twitter @Kemdikbud_RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan beberapa pesan dalam sidang tertutup pemilihan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dilakukan bersama Majelis Wali Amanat (MWA) ITB.

Menurut Ketua MWA ITB Yani Panigoro ada beberapa hal yang disampaikan Nadiem.

"Beliau meminta kampus itu harus merdeka. Merdeka dalam belajar, merdeka mahasiswanya, merdeka institusinya juga merdeka untuk para dosennya," ujar Yani di Griya Jenggana, Jumat (8/11/2019).

"Jadi biarkan kita harus percaya kepada institusi untuk menentukan kurikulum, keuangan, tapi beliau akan mendampingi, tidak akan dilepas."

Sidang tertutup digelar pukul 14.00-15.30 WIB bertempat di lantai 2 Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan. Setelah itu pukul 16.30 WIB Rektor ITB terpilih diumumkan di Griya Jenggala.

Nadiem, Yani melanjutkan, menginginkan organisasi ini (ITB) serba cepat dalam melakukan fungsinya, debirokratisasi juga harus diperhatikan, dan yang terpenting harus ada trust di semua pihak.

Perguruan tinggi, Nadiem berpesan, harus mengelola dengan baik keuangan dan lainnya, juga meningkatkan karakternya sebagai bangsa.

"Harus bisa beradaptasi dengan dunia baru yang serba cepat, ini tantangan kita semua. Kita lihat dunia baru itu kental dengan teknologi dan digital, juga regenerasi harus terjadi," kata Yani menuturkan kembali perkataan Nadiem.

Selain itu, Nadiem juga menginginkan ITB masuk dalam world class university dan harus ikut mensejahterakan Indonesia.

"Jadi alumninya harus world class, kalau alumninya world class, bisa melakukan banyak hal, sehingga kesejahteraan itu bisa tercapai," lanjut Yani.

Nadiem berharap rektor baru harus bisa tepat dalam mengambil keputusan, dan bisa beradaptasi dengan cepat.

"Akhir kata Mas Menteri, dia akan mendampingi rektor baru dengan manajemem profesional terutama di bidang keuangan. Karena mungkin itu harus diperhatikan, kan ini (dananya) dari pemerintah," tambah Yani.

"Terakhir dia bilang, harus berani siap dipecat."

Berdasarkan berita acara penetapan Rektor ITB 2020-2025 Nomor 330/I1.MWA/BA/2019, MWA ITB menetapkan dan mengesahkan Rektor ITB periode 2020-2025 terpilih atas nama Prof. Reini Wirahadikusumah Ph.D.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper