Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditandatangani 2020, Menlu: 15 Negara sudah Selesaikan Negosiasi RCEP

Para pemimpin dari 15 negara yang berpartisipasi dalam perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) telah menyelesaikan negosiasi dasar yang menyangkut semua chapter, khususnya menciptakan kawasan perdagangan bebas terbesar di Asean dan negara kawasan di sekitarnya.
Ilustrasi/asean.org
Ilustrasi/asean.org

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemimpin dari 15 negara yang berpartisipasi dalam perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) telah menyelesaikan negosiasi dasar yang menyangkut semua chapter, khususnya menciptakan kawasan perdagangan bebas terbesar di Asean dan negara kawasan di sekitarnya.

“Jadi, mereka sudah selesai text based-nya dan essential market access issue-nya. Tadi disampaikan kan, sebenarnya yang 15 masih punya, cuma yang essential sudah selesai semua,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Bangkok, Thailand, dikutip dari setkab.go.id, Selasa (5/11/2019).

Namun kesepakatan tersebut, menurutnya, baru akan ditandatangani pada awal 2020. “Jadi setelah ini, legal scrubbing, aiming untuk tanda tangan 2020,” ujarnya.

Dia mengemukakan India masih memiliki masalah dalam negosiasi RCEP. Namun semua negara peserta RCEP diakuinya akan bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dengan cara saling memuaskan.

Sebagaimana diketahui, negosiasi RCEP diluncurkan oleh para pemimpin Asean dan enam negara lainnya selama KTT Asean ke-21 di Phnom Penh pada November 2012. Tujuan peluncuran negosiasi RCEP adalah untuk mencapai perjanjian kemitraan ekonomi yang modern, komprehensif, berkualitas tinggi, dan saling menguntungkan di antara negara anggota Asean dan mitra FTA.

RCEP yang mencakup 10 negara anggota dari Asean dan enam mitra, yaitu China, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru, akan menjadi area perdagangan bebas terbesar di dunia, yang terdiri dari setengah dari populasi dunia dan akan mencakup hampir 40 persen dari perdagangan global dan 35 persen dari PDB.

Saat menghadiri RCEP Summit itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Seskab Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, Mendag Agus Suparmanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper