Pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, Ini Laporan Situasi, Persiapan, Hingga Pelaksanaan Pelantikan

Hari ini, Minggu (20/10/2019) pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan KH. Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI akan berlangsung mulai pukul 14.30 WIB di Kompleks DPR/MPR Senayan, Jakarta.
Saeno Saeno | 20 Oktober 2019 17:09 WIB
Pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, Ini Laporan Situasi, Persiapan, Hingga Pelaksanaan Pelantikan
Presiden Joko Widodo mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Antara - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Minggu (20/10/2019) pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan KH. Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI akan berlangsung mulai pukul 14.30 WIB di Kompleks DPR/MPR Senayan, Jakarta.

Sejumlah persiapan telah dilakukan termasuk pengamanan oleh 30.000 personel gabungan dari TNI, Polri, dan aparat Pemprov DKI.

Selain di jalan-jalan Ibu Kota, aparat keamanan bersiaga di sejumlah daerah. Sementara itu, gladi resik telah dilakukan di Gedung DPR/MPR, tempat prosesi pelantikan berlangsung.

Sejumlah kepala negara dan utusan negara sahabat akan menghadiri pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

16:25 WIB

Pidato Jokowi

Usai secara resmi kembali menjadi Presiden RI, Jokowi menyampaikan pidato perdananya sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

Jokowi mengawali pidatonya dengan menekankan mimpi bahwa Indonesia keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah mestinya bisa terpenuhi.

Ia menyebut 2045 dengan PDB US$7 triliun, masuk lima besar ekonomi dunia, dan kemiskininan mendekati nol persen masuk akal dan sangat memungkinkan dicapai.

"Namun semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah," ujar Jokowi sembari menyebutkan diperlukan kerja keras, kerja cepat, dan kerja bangsa yang produktif.

Mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru, tidak terjebak rutinitas monoton, menjadikan inovasi bukan hanya sebagai pengetahuan melainkan sebagai budaya adalah jalan yang harus ditempuh.

Jokowi mencontihkan, 5 tahun lalu, saat berencana mengundang halal bi halal dengan masyarakan, protokol meminta Jokowi berdiri di satu titik. Pada halal bi halal berikutnya, protokol juga meminta Jokowi berdiri di titik yang sama. 

Jokowi pun berbisik kepada Mensesneg, menyatakan akan pindah lokasi berdiri, agar titik itu tidak dianggap keharusan. itu, lanjut Jokowi, merupakan salah satu  contoh mendobrak rutinitas yang monoton.

Selanjutnya Jokowi menegaskan bahwa kerja jangan lagi berorientasi pada proses melainkan pada hasil yang nyata.

Jokowi mengingatkan kepada para bahwa pemerintah bukan membuat perencanaan tapi membuat masyarakat merasakan hasilnya.

Program terlaksana harus dirasakan nyata oleh rakyat. "Yang utama bukan prosesnya tapi hasilnya," ujarnya.

Jokowi mencontohkan soal mekanisme pengiriman pesan singkat atau pesan melalui whatsapp. "Ada send artinya telah terkirim, ada delivered artinya telah diterima. Tugas kita memastikan delivered bukan send. Saya minta dan akan memaksa bahwa tugas birokrasi adalah making deliver, menjamin bahwa manfaat program dirasakan masyarakat."

Jokowi menegaskan potensi keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah sangatlah besar di tengah kondisi demografi Indonesia dengan banyaknya usia produktif. Hal itu, ujarnya, menjadi tantangan sekaligus kesempatan besar. "Jadi masalah jika tidak mampu menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

Tapi, hal itu menjadi manfaat besar bila kita mampu menyelenggarakan lapangan kerja untuk usia produktif tadi.

Jokowi menyebut soal dukungan stabilitas politik, pembangunan SDM, mengundang talent global untuk bekerja sama, sera mengembangkan cara baru. "Manajemen SDM, kerja sama dengan industri, penting dilaksanakan," tegas Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa pembangunan insfrastruktur akan dilanjutkan demi menghubungkan produksi dan distribusi, begitu pula dengan pembangunan insfrastruktur pariwisata.

Selanjutnya, regulasi juga harus disederhanakan, dipangkas. Pemerintah, lanjut Jokowi, akan mengajak DPR membahas dua  undang-undang baru yakni UU Cipta Lapangan Kerja dan Pemberdayaan UMKM.

Dua Undang Undang tersebut akan menjadi omnibus law, yang sekaligus merevisi sejumlah uu bahkan puluhan UU yang menghambat pengembangan UMKM.

Jokowi juga menyebut soal penyederhanaan biroklrasi yang harus dilakukan secara besar-besaran. Birokrasi dipangkas dan eselonisasi disederhanakan diganti jabatan fungsional yang menghargai kompetensi.

Jokowi juga mengingatkan menteri yang tidak serius dipastikan akan dicopot.

Sementara terkait transformasi ekonomo, Jokowi menggarisbawahi keharusan bertransformasi dari SDA jadi daya saing manufaktur modern.

Diakhir pidatonya Jokowi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Jusuf Kalla yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama 5 tahun terakhir.

Terima kasih juga disampaikan kepada lembaga-lembaga negara, TNI-Polri, serta komponen bangsa yang turut mengawal pemerintahan sehingga bisa berjalan dengan baik.

Jokowi menutup pidatonya dengan mengajak semua pihak bersama-sama berkomitmen menuju Indonesia Maju.  

16:20 WIB

Syah! Jokowi Presiden RI, Ma'ruf Amin Wakil Presiden RI

Usai penyerahan berita acara pelantikan dan penyerahan kursi wakil presiden secara simbolik dari Jusuf Kalla kepada Ma'ruf Amin, Ketua MPR menyatakan Jokowi dan Ma'ruf Amin syah sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Ketua MPR mempersilakan Presiden dan Wakil Presiden menjalankan amanah bangsa. Ketua MPR juga menyatakan Presiden dan Wakil Presiden berhasil meraih simpati mayoritas masyarakat Indonesia.

Ketua MPR mengingatkan bahwa kini setelah menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI, Jokowi dan Ma'ruf Amin bukan lagi milik kelompok dan golongan melainkan menjadi milik bangsa Indonesia.

16:10 WIB

Sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI

Usai Ketua MPR menyampaikan sambutan, dilangsungkan pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI.

Usai pengucapan sumpah dilakukan penandatangan berita acara pelantikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dilanjutkan penandatanganan berita acara oleh pimpinan MPR.

Usai penandatanganan dilakukan penyerangan berita acara pelantikan dari pimpinan MPR kepada Presiden dan Wakil Presiden RI Jokow Widodo dan K.H. Ma'ruf Amin.

16:02 WIB

MPR Apresiasi Jusuf Kalla

Pengabdian Wapres Jusuf Kalla yang akan segera menyelesaikan tugasnya mendapat penghargaan tertinggi dari Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Ketua MPR menyebutkan penghargaan tulus dan setinggi-setinggi juga disampaikan untuk Ibu Mufida Jusuf Kalla yang telah mendampingi Jusuf Kalla mengabdikan dirinya kepada Negara dan Bangsa Indonesia.

Penghargaan terhadap Jusuf Kalla juga disampaikan Bambang Soesatyo dengan pantun khusus. 

15:58 WIB

Penusukan Wiranto Mengejutkan, Kasus Papua Menyedihkan

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebutkan Indonesia mengalami peristiwa menyedihkan dengan terjadinya tragedi di wilayah Papua. 

Di sisi lain, Bambang Soesatyo juga menyebutkan peristiwa penyerangan kepada Menko Polhukam Wiranto sebagai hal yang mengejutkan.

15:56 WIB

Pancasila Wajib Diajarkan di Sekolah

Ketua MPR menegaskan bahwa ideologi Pancasila wajib diajarkan kembali di sekolah-sekolah. Lebih dari itu, Bambang Soesatyo menyebutkan pentingnya landasan hukum yang jelas terkait ideologi Pancasila.

15:45 WIB

Rakyat Harus Jadi Pemenang

Ketua MPR Bambang Soesatyo menggarisbawahi bahwa rakyat harus menjadi pemenang dalam kompetisi politik di Indonesia.

Bamsoet menyebutkan pemilu Indonesia menjadi perhatian dunia. Proses politik di Indonesia menjadi perhatian dunia dibuktikan dengan kehadiran kepala negara dan utusan khusus negara sahabat pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. 

15:42 WIB

Sidang Dinyatakan Terbuka

Sidang Paripurna MPR dengan agenda tunggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI dinyatakan terbuka untuk umum. Hal itu disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo sebelum mengetuk palu tanda sidang paripurna MPR dimulai.

15:39 WIB

Bamsoet Puji Prabowo dan Sandiaga Uno

Selain mengapresiasi Megawati dan SBY, Bamsoet juga menyampaikan apresiasi kepada Prabowo dan Sandiaga Uno yang berlapang dada menerima hasil pilpres 2019 dan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

15:38 WIB

Membuka Acara, Ketua MPR Puji Megawati dan SBY

Ketua MPR Bambang Soesatyo membuka prosesi pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin dengan menyampaikan sambutan terbuka.

Usai menyapa Jokowi dan istri, JK dan istri, Ma'ruf Amin dan istri, Bamsoet menyatakan rasa terharu atas kehadiran Megawati dan SBY.

Bamsoet menyebut Megawati sebagai Ibu Negara dan SBY sebagai Bapak Negara yang berjiwa besar.

15:35 WIB

Mengheningkan Cipta

Prosesi pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin diawali dengan mengheningkan cipta. Hadirin berdiri menundukan kepala diiringan lagu mengheningkan cipta. Usai mengheningkan cipta hadirin dipersilakan duduk kembali. 

14:22 WIB

Susunan Kabinet Diumumkan Besok

Susunan kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin akan diumumkan besok.

Sebelumnya beredar kabar bahwa pengumuman kabinet bisa saja dilakukan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hari ini, Minggu (20/10/2019). 

13:38 WIB

Ahok Juga Hadir

Mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga terlihat sudah hadir di Kompleks Parlemen Senayan. Namun, BTP demikian panggilannya saat ini, tidak memberikan pernyataan apa pun.

13:36 WIB

Zulkifli Hasan, Surya Paloh dan Megawati sudah Hadir

Selain Prabowo - Sandi, beberapa ketua umum partai tampak sudah hadir di lokasi pelantikan. Mereka adalah Zulkifli Hasan (PAN), Surya Paloh (NasDem), dan Megawati Soekarnoputri (PDIP).

13:33 WIB

Prabowo-Sandi Satu Mobil

Sekitar pukul 13.00 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang menjadi penantang Jokowi - Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 memasuki Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Prabowo-Sandi datang bersamaan satu mobil. Keduanya menggunakan jas dan peci hitam. Baik Prabowo maupun Sandi tidak memberikan banyak pernyataan saat diwawancara.

13:25 WIB

Prabowo Dipastikan Hadir

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dipastikan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR/MPR, Minggu (20/10/2019).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memastikan Prabowo akan hadir. "Iya kan memang diundang dan dipastikan untuk hadir. Berangkat dari Kertanegara, baru start [memulai perjalanan]," katanya di Gedung DPR, Minggu (20/10/2019).

12:35 WIB

Tamu Negara Bicarakan Kerja Sama Ekonomi

Selain mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo pada periode 2019-2024, sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan membicarakan prospek kerja sama bilateral.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi seusai mendampingi Jokowi menerima kunjungan kepala negara dan kepala pemerintahan di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2019).

 

10:30 WIB

Pintu Masuk MRT Depan Intiland Tower Ditutup

Dengan mempertimbangkan aspek keamanan serta menjaga kenyamanan penumpang, PT MRT Jakarta memberlakukan penutupan sementara salah satu pintu masuk stasiun MRT Bendungan Hilir.

"Pintu masuk yang ditutup berada di depan Intiland Tower. Hal tersebut diberlakukan mulai saat ini hingga pemberitahuan selanjutnya," ujar Corporate Communication PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin, Minggu (20/10/2019) terkait pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Senayan.

09:45 WIB

Jokowi Terima Tamu Kehormatan

Presiden Joko Widodo menerima sejumlah Kepala Negara dan Utusan Khusus Negara Sahabat menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI bersama Ma'ruf Amin.

Kepala negara dan kepala pemerintahan yang datang pertama kali adalah Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah ditemani Pangeran Abdul Mateen.

Mereka datang sekitar pukul 09.05 WIB dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di ruang utama Istana Merdeka, Minggu (20/10/2019).

09:35 WIB

Susunan Acara

Acara pelantikan dimulai pada 14.30, diawali dengan mengheningkan cipta dipimpin Ketua MPR.

Acara dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji dan penadatanganan berita acara pelantikan.

Setelah Jokowi menyampaikan pidato, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

08:57 WIB

Ma'ruf Amin Olahraga di Taman Kodok

Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 KH Ma'ruf Amin mengawali hari menjelang pelantikan dengan berolahraga pagi di sekitar Taman Kodok, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Ma'ruf Amin berolahraga ditemani istrinya Wuri Estu Handayani.

Ma'ruf Amin melakukan aktivitas olahraga sekitar pukul 06.00 WIB dan berlangsung sekitar 10 menit. Selama berolahraga Ma'ruf Amin dan istri dikawal Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).

08:05 WIB

Perubahan rute KRL dan Transjakarta

Untuk mengamankan proses pelantikan, jalan di sekitar Kompleks Parlemen Senayan ditutup dan dialihkan. Imbasnya, terjadi perubahan atau pengalihan rute transportasi umum Transjakarta dan KRL.

KRL dari Rangkasbitung, Maja, Parungpanjang, Serpong hanya berjalan hingga Stasiun Kebayoran, selanjutnya kembali ke stasiun tujuan. KRL tidak melayani pemberhentian maupun keberangkatan di Stasiun Palmerah dan Tanah Abang.

KRL Commuter Line lintas lainnya berjalan normal seperti biasa.

Sementara itu terkait penutupan jalan yang terjadi di sekitar patung kuda dan Sekitar MPR/DPR, beberapa layanan Transjakarta mengalami pengalihan dan perpendekan rute.

07:50 WIB

Jalan Seputar Istana Ditutup, Lalu Lintas Dialihkan

Jalan di seputar Istana Negara dan Kantor Sekretaris Negara ditutup dan dialihkan menjelang acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Minggu.

Pada pukul 06.58 WIB petugas melakukan penutupan di Jalan Veteran menuju Jalan Medan Merdeka Utara juga Jalan Veteran menuju Harmoni.

Pengemudi roda dua dan empat dari arah Istiqlal dapat melintasi jalur Trasnjakarta ke arah Harmoni. Penutupan jalan berikutnya juga dilakukan di jalan depan Kantor Sekretariat Negara arah Harmoni.

Penutupan diberlakukan dua arah, baik untuk kendaraan yang datang dari arah Monas maupun dari Harmoni. Kendaraan dialihkan menuju Jalan Suryo Pranoto. Bagi yang hendak menuju gedung parlemen dapat menggunakan jalan ini.

07:12 WIB

Prakiraan Cuaca Senayan Saat Pelantikan

Prakirawan BMKG Jakarta memprakirakan cuaca di sekitar Senayan, tempat berlangsungnya pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, akan cerah berawan.

Siang hingga sore hari, wilayah Senayan dan sekitarnya pada pukul 13.00 hingga 16.00 WIB diperkirakan cerah berawan.

"Suhu udara 30 - 33 derajat Celcius,  kelembapan udara 65 - 75 persen, angin bertiup dari Timur Laut ke Tenggara dengan kecepatan 05 - 20 km/jam," demikian penjelasan resmi BMKG, Minggu (20/10/2019).

06:55 WIB

KRL Tak Layani Perjalanan dari Palmerah dan Tanah Abang

PT Kereta Comuter Indonesia (KCI) memberlakukan pengaturan pola operasi khusus KRL Comuter Line yang melalui Stasiun Palmerah berkaitan dengan adanya rekayasa lalu lintas di kawasan Gedung DPR.

Pola khusus diberlakukan pada rute Rangkasbitung - Tanah Abang. Kereta hanya melayani rute dari Stasiun Rangkasbitung hingga Stasiun Kebayoran dan sebaliknya. KRL tidak melayani keberangkatan atau pemberhentian di Stasiun Palmerah dan Stasiun Tanah Abang.

06:52 WIB

Cuaca Cerah Berawan

Cuaca cerah berawan diprediksi menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI hasil pilpres 2019.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di wilayah Provinsi DKI Jakarta terutama saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019), bakal cerah berawan.

Tag : Pelantikan Jokowi-Ma\'ruf Amin
Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top