Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelajar Lampung Semarakkan Pekan Budaya Nasional 2019

Rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional digelar pada 7 - 13 Oktober 2019, ditutup dengan Parade Digdaya Nusantara di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (13/10/2019) malam.
Tim duta seni pelajar Lampung berpose setelah ikut tampil pentas bersama dalam gelaran Parade Digdaya Nusantara./Istimewa
Tim duta seni pelajar Lampung berpose setelah ikut tampil pentas bersama dalam gelaran Parade Digdaya Nusantara./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 berakhir. Rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional digelar pada 7 - 13 Oktober 2019, ditutup dengan Parade Digdaya Nusantara di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (13/10/2019) malam.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy resmi menutup PKN 2019 dengan janji bahwa acara itu akan diselenggarakan setiap tahun. "Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan kebudayaan nasional kita," ujarnya dalam pidato penutupan.

Berkaca dari keberhasilan PKN 2019, dia mengharapkan bahwa pemerintah daerah akan mengadakan kegiatan serupa di tingkat daerah. "Parade Digdaya Nusantara merupakan wujud dari ruang bersama Indonesia Bahagia," kata Muhadjir.

Pada malam puncak penutupan PKN tim duta seni pelajar Lampung tak ketinggalan ikut tampil pentas bersama dalam gelaran Parade Digdaya Nusantara.

Pergelaran pertunjukan Parade Digdaya Nusantara denga koreografer Deni Malik ini merupakan pertunjukan kolaboratif yang menampilkan para seniman utusan daerah, seniman dan para pemangku kepentingan yang berpartisipasi.

Pertunjukan yang mengusung tagline “Pertunjukan dari Ruang Bersama Indonesia Bahagia” ini mengangkat nuansa lokal dan kontemporer yang menunjukkan digdayanya kekuatan budaya Indonesia.

Gelaran Parade Digdaya Nusantara ini punya pesan yang mendalam, bahwa pada karya seni kita tak hanya bisa melihat keindahan. Pada karya seni kita bisa melihat imajinasi masa depan. Pada karya seni bisa mendapat pelajaran dari masa lalu. Pada karya seni kita bisa tahu gelombang keheningan. Pada karya seni kita juga bisa tahun endapan kebisingan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar didampingi Kasi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M. Harijayaningrat mengatakan dalam PKN 2019 ini Lampung mengirim duta seni dari SMK Krida Wisata Bandar Lampung.

Duta seni Lampung tampil dalam Parade Digdaya Nusantara membawakan tarian Papua utuk yang pelajar pria. Sedangkan untuk pelajar wanita membawakan tarian Pakarena. “Saya ikut senang dan bangga para siswa Lampung bisa ikut tampil di PKN,” ujar Sulpakar sebagaimana siaran pers yang diterima Bisnis.com pada Senin (14/10/2019).

Sementara itu, pendamping Tim dari Disdikbud Lampung, Monalisa, menambahkan Tim Kesenian Lampung dari SMK Krida Wisata terdiri dari 10 pelajar terdiri Naftali Jauga Giblatar, Nengah Suryani, Putu Giya Cendani, Wayan May Dwi Lestari, Wayan Tiara, Fransiskus Setianto, GA I Gusti Ngurah, I Gusti Eka Wijaya, M. Rizky Adityan, M.Safiudin.

Tim ini di dampingi, Christine Tri Harini (Guru Kesenian) serta Wika Tri Widiyanti dan Dwi Tia Shavera (Pelatih dan Asisten Pelatih).

Monalisa menambahkan dalam kesempatan PKN 2019 itu para pendamping duta seni dari provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia juga berdialog dengan Direktur Kesenian Kemendikbud Restu Indra Gunawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper