Jokowi Sudah Susun Komposisi Kabinet, Formasi Masih Bisa Berubah

Meski mengaku formasi kabinet periode 2019-2024 sudah selesai disusun, Presiden Joko Widodo menyatakan komposisi tersebut masih memiliki kemungkinan untuk dirombak.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  12:57 WIB
Jokowi Sudah Susun Komposisi Kabinet, Formasi Masih Bisa Berubah
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan keterangan usai menjenguk Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto untuk kedua kalinya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (11/10/2019). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA—Meski mengaku formasi kabinet periode 2019-2024 sudah selesai disusun, Presiden Joko Widodo menyatakan komposisi tersebut masih memiliki kemungkinan untuk dirombak.

Jokowi mengatakan komposisi kabinet pada periode kepemimpinan keduanya ini sudah selesai dibahas. Dia pun memastikan ada keterwakilan Provinsi Papua pada formasinya.

“Sudah [kabinet sudah selesai disusun]. Nanti [akan diumumkan]. Mungkin bisa hari yang sama [saat pelantikan], mungkin sehari setelah pelantikan,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (11/10/2019).

Kendati demikian, Jokowi menegaskan perubahan akan selalu bisa terjadi di menit-menit terakhir dengan mempertimbangkan kondisi politik terkini.  Apalagi Jokowi juga sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Kamis (10/10/2019).

“Mungkin ada beberapa pertimbangan, masih bisa [berubah],” tambah Jokowi.

Sebelumnya Jokowi menyebut pertemuannya dengan SBY membahas arah koalisi ke depan.

Pertemuan Jokowi dan SBY berlangsung sekitar satu jam di Istana Merdeka, Kamis (10/10/2019). Menurut Jokowi pertemuannya dengan SBY sudah direncanakan sejak lama tetapi baru bisa diimplementasikan saat itu.

Ketika disinggung mengenai rencana merapatnya Partai Demokrat sebagai koalisi pemerintahan, Jokowi mengakui pembahasan belum sampai ke arah yang pasti.

"Ditanyakan ke Pak SBY langsung. Kita bicara itu [koalisi] tapi belum sampai sebuah keputusan," tekan Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top