Sedang Bersiap Ikut Tes CPNS? Intip Saran Psikolog Ini

Rekrutmen bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada November 2019.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  08:45 WIB
Sedang Bersiap Ikut Tes CPNS? Intip Saran Psikolog Ini
Seorang pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) memperlihatkan berkas pendaftaran lamarannya untuk dikirim di Kantor Pos Besar Medan, Sumatera Utara, Senin (15/10/2018). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada November 2019, pemerintah akan kembali membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dengan sisa waktu beberapa pekan lagi, mereka yang berniat mengikuti tes kali ini perlu mempersiapkan diri dengan baik.

Psikolog Viva Darma Putri, M.Psi mengatakan para peserta tes CPNS mesti sering berlatih mengerjakan soal karena hal ini menjadi bagian dari mempersiapkan diri secara psikologis dan kognitif. Latihan soal akan membuat peserta lebih siap menjawab dengan benar dan cepat. 

"Berlatih mengerjakan soal-soal latihan itu sebenarnya melatih kita mempersiapkan diri baik secara kognitif maupun psikologis," ujarnya seperti dilansir Antara, Jumat (11/10/2019).

Para peserta tes semestinya sudah melakukan riset mengenai apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan, terutama terkait soal. Viva menuturkan para peserta bisa menggunakan banyak contoh soal, misalnya seperti yang ada di aplikasi ponsel sehingga lebih mudah untuk belajar.

Manajemen waktu juga wajib diperhatikan. Misalnya, pada hari pertama, peserta terlebih dulu melihat-lihat contoh soal yang dimiliki, kemudian mempelajarinya.

"Hari berikutnya mulai mencoba mengerjakan soal-soal dan dihitung waktu pengerjaan per sesi, sehingga kita jadi mendapatkan gambaran kalkulasi waktu untuk pengerjaan per soal per sesi," jelasnya.

Viva turut memberikan trik untuk menghemat waktu, yakni selalu kerjakan soal yang lebih mudah sehingga peserta memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan soal yang sulit.

Hal lain yang harus diingat adalah tenang dalam mengerjakan soal. Biasanya, lanjutnya, jika sudah panik maka justru terjadi kebuntuan dalam berpikir sehingga membuat soal yang sebenarnya tidak sulit menjadi sulit dikerjakan.

Terakhir, Viva menyatakan peserta tes CPNS harus siap mental untuk tidak lolos. Dalam artian, siap jika ternyata nantinya tidak berhasil dalam tes.

"Sehingga tidak merasa terlalu terpuruk. Ada baiknya mempunyai rencana cadangan jika tidak lolos tes," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cpns

Sumber : Antara

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top