Gerindra Sebut Ahmad Muzani Diusung Jadi Ketua MPR Demi Keseimbangan Politik

Partai Gerindra menyinggung diangkatnya Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 02 Oktober 2019  |  14:48 WIB
Gerindra Sebut Ahmad Muzani Diusung Jadi Ketua MPR Demi Keseimbangan Politik
Suasana jalannya Sidang Paripurna MPR ke-2 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Sidang Paripurna MPR tersebut beragendakan pengesahan jadwal acara sidang dan pembentukan fraksi-fraksi dan kelompok Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). - ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria menyatakan diusungnya Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR memiliki tujuan untuk membangun kolaborasi politik.

"Diusungnya Ahmad Muzani untuk menggambarkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa usai Pemilihan Presiden (Pilpres) yang banyak menguras energi lahir dan batin, kini telah tiba masa di mana semua pihak membina kolaborasi politik tanpa meninggalkan check and balances," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (2/10/2019).

Riza menuturkan keseimbangan politik akan terjadi jika Muzani duduk di kursi tertinggi MPR karena PDIP, sebagai pemenang Pemilu 2019, sudah mendapatkan posisi ketua DPR--yang diduduki oleh Puan Maharani. Adapun jabatan Ketua DPD diisi oleh La Nyala Matalitti.

Dia menyatakan Partai Gerindra ingin pemilihan ketua MPR dilakukan lewat mekanisme musyawarah mufakat.

"Kami berharap para pimpinan partai politik bersama-sama dengan DPD RI mengusahakan kesepakatan musyawarah mufakat dan bermufakat agar Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR," sambung Riza.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Andre Rosiade menegaskan partainya tetap mengajukan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024. Alasannya, Gerindra meraih suara terbanyak kedua pada Pemilu 2019.

"Gerindra punya calon pimpinan MPR RI, namanya Ahmad Muzani. Insyaallah kami akan berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan pimpinan MPR dari Gerindra," ucapnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (29/9).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mpr, gerindra

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top