Sinta Nuriyah Wahid dan Sekotak Kurma dari Habibie

Istri mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid, menghadiri pemakaman Presiden Keenam RI B.J. Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 12 September 2019  |  19:17 WIB
Sinta Nuriyah Wahid dan Sekotak Kurma dari Habibie
Istri mendiang Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Shinta Nuriyah (kanan). - Antara/Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Istri mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid, menghadiri pemakaman Presiden Keenam RI B.J. Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Sinta mengungkapkan kenangan terakhirnya bersama suami Hasri Ainun Habibie tersebut.

"Hal terakhir yang saya kenang bahwa Pak Habibie justru tertarik mau ikut sahur keliling bersama saya," ujarnya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Sebelum Habibie jatuh sakit, Sinta sempat menyambangi tokoh kedirgantaraan tersebut di rumah sakit. Kala itu, Habibie berkelakar ingin ikut Sahur On the Road. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan karena faktor kesehatan Habibie yang terus menurun. Habibie justru memberikan buah tangan untuk Sinta. Hadiah tersebut tak dapat dilupakan istri almarhum Gus Dur hingga saat ini.

"[Ketika Habibie] bilang mau ikut sahur keliling saya tertawa. Namun, akhirnya saya pulang dibawakan sekotak kurma. Beliau bilang ini bagus sekali dan gak ada duanya. Kurma itu yang membuat saya selalu ingat Pak Habibie," ucapnya.

Di mata Sinta, Habibie merupakan sosok yang sangat tulus dan mau membantu orang tanpa pamrih. Bangsa Indonesia pun berduka karena kehilangan tokoh ilmu pengetahuan dan teknologi serta negarawan yang mendukung iklim demokrasi.

B.J. Habibie dimakamkan dengan prosesi upacara militer yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.
Prosesi tersebut disaksikan oleh keluarga dan sanak saudara, pimpinan lembaga negara, dan masyarakat yang melihat secara langsung ataupun tak langsung.

Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB. Sebelumnya Habibie telah menjalani perawatan intensif di ruangan Cerebro Intensive Care Unit (CICU), Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
habibie

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top