Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Megawati Ingatkan Pemerintah Cermat Hitung Amdal di Ibu Kota Baru

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan pemerintah terkait rencana pembangunan di lokasi Ibu Kota baru di Kalimatan Timur.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  02:02 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan pemerintah terkait rencana pembangunan di lokasi Ibu Kota baru di Kalimatan Timur.

Menurutnya, pemerintah harus mempersiapkan analisa dampak dan lingkungan (Amdal) secara lebih matang terlebih dulu sebelum dimulai pembangunan di wilayah itu.

Perencaan ini perlu dilakukan dengan baik untuk memastikan lingkungan tetap terjaga saat pembangunan ibu kota baru telah dimulai.

"Semua harus dilakukan dengan tidak sembarangan. Artinya buat apa membangun kalau merusak lingkungan," katanya melalui rilis yang diterima Bisnis, Selasa (27/8/2019).

Pemerintah lanjutnya harus dapat memastikan kepindahan ibu kota ini tetap mempertahankan prinsip go green. Belum lagi dengan catatan sejarah sebagai pulau tua dan kondisi lahan gambut, pemerintah perlu mempersiapkan berbagai kebutuhan sebagai ibukota dengan cukup matang.

"Belum lagi connect dengan masalah ring of fire. Jadi harus dilihat dengan baik melalui BMKG. Saya mengerti Kalimantan itu salah satu pulau yang tua. Sehingga tidak ada gunung. Tapi kan sulitnya tanahnya gambut. Begitulah kurang lebih hitung menghitungnya," terangnya.

Di sisi lain, Megawati juga memberi tanggapan tentang rencana pembangunan tersebut. Dalam pembangunan ibu kota baru, diharapkan agar Kalimantan Timur tidak didorong lagi sebagai pusat ekonomi. "Nanti sama saja dengan Jakarta [jika didorong sebagai pusat ekonomi]," ujarnya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Ibu Kota baru akan berada di daerah Penajem Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati Ibu Kota Dipindah
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top