Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Beli Mobil Dinas Baru, Mendagri : Yang Penting Sesuai Prosedur

Mobil dinas yang digunakan pejabat negara saat ini, disebut sudah beroperasi selama 10 tahun.
Mobil Presiden Indonesia./Istimewa
Mobil Presiden Indonesia./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Keputusan pemerintah membeli mobil dinas baru bagi presiden dan wakil presiden dinilai tak perlu dipermasalahkan asalkan sesuai prosedur.

“Yang penting semua prosedur sudah dilalui sesuai mekanisme yang ada, baik tender secara terbuka maupun penganggaran terbuka disetujui DPR,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seperti dilansir Antara, Sabtu (24/8/2019).

Dia mengungkapkan mobil dinas yang digunakan saat ini sudah beroperasi selama 10 tahun. Batas waktu 10 tahun dianggap ideal karena jika digunakan lebih lama lagi, maka mobil yang dipakai bakal memerlukan perawatan ekstra. Hal itu pun akan berpengaruh terhadap keselamatan pengguna.

Tjahjo menyatakan rencana pembelian mobil dinas baru sebenarnya sudah pernah muncul 5 tahun lalu. Namun, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk tidak menggantinya karena dinilai masih layak pakai.

Rencana pembelian mobil dinas baru oleh pemerintah muncul kembali lantaran mobil yang sehari-hari dipakai Presiden Jokowi sering mengalami kerusakan, mulai dari mogok, kaca susah dibuka, hingga perangkat komunikasi yang tiba-tiba menyala.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menuturkan dua mobil dinas baru diperkirakan tiba di Jakarta pada akhir tahun ini, sehingga dapat digunakan untuk kegiatan operasional di kabinet yang baru.

Mobil dinas baru bagi Jokowi tetap sama dengan yang sebelumnya, yakni seri S600 Pullman Guard keluaran Mercedes-Benz. Adapun mobil dinas yang lama akan tetap digunakan sebagai cadangan operasional bagi presiden dan wakil presiden.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper