Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gerindra Kuasai DPRD Banten

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memperoleh kursi terbanyak di DPRD Banten yakni 16 kursi hasil pemilu legislatif 17 April 2019.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  06:44 WIB
Partai Gerindra - JIBI
Partai Gerindra - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA  - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memperoleh kursi terbanyak di DPRD Banten yakni 16 kursi hasil pemilu legislatif 17 April 2019.

Demikian hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, di Cilegon, Senin (13/8/2019), dengan agenda penetapan perolehan kursi partai politik dan nama-nama calon terpilih anggota DPRD Provinsi Banten hasil Pemilu 2019.

Dari 85 kursi, Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak yakni 16 kurai, disusul PDI Perjuangan 13 kursi dan Partai Keadilan Sejahtera serta Partai Golkar yang sama-sama memperoleh 11 kursi di DPRD Banten. Dalam pleno KPU Banten tersebut, empat dari enam belas partai politik yang ikut pada Pemilu 2019 lalu, tidak memperoleh kursi DPRD Provinsi Banten.

"Pada rapat ini Alhamdulillah lancar, tidak ada yang protes. Jadi jelas semuanya," kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon.

Selain Gerindra, PDI Perjuangan, PKS dan Golkar, posisi berikutnya perolehan kursi di DPRD Banten ditempati Partai Demokrat yang mendapatkan 9 kursi, PKB 7 kursi, PAN mendapatkan 6 kursi. Selanjutnya PPP memperoleh lima kursi, Partai Nasdem empat kursi, Hanura 1 kursi, PSI satu kursi dan Partai Berkarya mendapatkan satu kursi.

Sedangkan empat partai dari 16 partai peserta pemilu 2019 yang tidak memperoleh kursi di DPRD Banten yakni Partai Garuda, PBB, PKPI dan Partai Perindo. Ketua KPU Banten Wahyul Furqon juga mengingatkan kepada partai politik agar anggotanya yang terpilih di DPRD Banten agar segera melengkapi berkas laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), sebagai salah satu syarat untuk dilantik menjadi anggota DPRD Banten.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu gerindra banten

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top