Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran Lahan, 18 Helikopter Gelar 15.858 Kali Pengeboman Air di Riau

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat telah dilakukan sebanyak 15.858 kali pengeboman air di wilayah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau.
Ilustrasi pengeboman air memakai helikopter./Antara
Ilustrasi pengeboman air memakai helikopter./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat telah dilakukan sebanyak 15.858 kali pengeboman air di wilayah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau.

Pelaksana Harian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan pengeboman air itu menghabiskan 62,22 juta liter air yang dilakukan menggunakan 18 unit helikopter yang disiagakan di Riau.

Dia menjelaskana helikopter yang disiagakan di Riau berasal dari berbagai pihak, yaitu delapan dari BNPB, delapan bantuan dari swasta, satu dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan satu dari TNI.

Selain pengeboman air, BNPB juga sudah mengupayakan teknologi modifikasi cuaca dengan menaburkan garam untuk menciptakan hujan buatan menggunakan dua pesawat, yaitu Casa-212 dan Piper Cheyenne II.

"Titik panas sedang berkurang dari 103 titik pada Sabtu [3/8/2019] pukul 16.00 WIB menjadi 72 titik pada Senin [5/8/2019] pukul 08.00 WIB," jelasnya seperti dikutip Antara, Rabu (7/8/2019).

Total luas lahan terbakar di Riau mencapai 27.683,47 hektare. Pemadaman kebakaran hutan dan lahan melibatkan berbagai pihak; yaitu TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, kementerian/lembaga, dan swasta; dengan total personel 1.262 orang.

Selain upaya pemadaman, dia menambahkan dilakukan pula upaya penegakan hukum terhadap pembakar hutan dan lahan di Riau. Agus mengatakan terdapat 18 kasus dengan 16 orang yang telah ditetapkan menjadi tersangka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hendra Wibawa
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper