5 Terpopuler Nasional, Makna Mbah Moen Wafat pada Hari Selasa dan PDIP Ingin Ubah Sistem Pemilu

Makna Mbah Moen yang wafat pada hari Selasa menjadi berita terpopuler di kanal Nasional Bisnis.com pada hari Selasa (6/8/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  19:12 WIB
5 Terpopuler Nasional, Makna Mbah Moen Wafat pada Hari Selasa dan PDIP Ingin Ubah Sistem Pemilu
Ketua Majelis Syariah PPP KH Maimun Zubair - Antara

1. Bukan Sembarang Hari, Ini Makna Mbah Moen Wafat pada Hari Selasa

"Wafatnya orang alim biasanya hari Selasa," demikian disampaikan KH Maimoen "Mbah Moen" Zubair saat mengaji di pondoknya, Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah, Ramadan lalu.

"Ramadan terakhir beliau, membahas kitab Tanbuhul Mughtarin," kata Ketua Umum Pagar Nusa M Nabil Haroen di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Seakan membenarkan ucapan yang pernah disampaikannya, Mbah Moen mengembuskan napas terakhirnya di Mekkah, Selasa (6/8/2019).

Baca selengkapnya di sini.

2. 3 Jaksa Jateng Ditahan, Terlibat Rekayasa Tuntutan Kasus Surya Soedarma

Kejaksaan Agung telah menahan tiga oknum Jaksa berinisial K selaku Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jawa Tengah, MRS Kasi Penuntutan Kejati Jawa Tengah dan BC Staf Tata Usaha Kejati Jawa Tengah.

Ketiganya ditahan menyusul diterbitkannya Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus dengan Nomor: Print-21/F.2/Fd.1/07/2019 tanggal 26 Juli 2019.

Baca selengkapnya di sini.

3. Beredar Kabar Masa Pensiun Guru PNS Diperpanjang 5 Tahun, Begini Penjelasan Mendikbud

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akhirnya angkat bicara perihal isu beredarnya informasi yang menyebut masa pensiun guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperpanjang 5 tahun.

“Masa pensiun guru PNS tetap di usia 60 tahun, tidak diperpanjang 5 tahun, tetapi bagi guru yang memasuki masa pensiun akan diminta untuk tetap mengabdi sampai ada guru PNS penggantinya,” ujar Mendikbud dikutip dari siaran pers Kemendikbud.

Baca selengkapnya di sini.

4. Ijtima Ulama IV Rekomendasikan NKRI Syariah Berdasarkan Pancasila

Ijtima Ulama IV Persatuan Alumni 212 yang digelar di Sentul merekomendasikan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI Syariah berdasarkan Pancasila.

"Sebagaimana termaktub dalam pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 dengan prinsip ayat suci di atas ayat konstitusi agar diimplementasikan dalam kehidupan beragama berbangsa dan bernegara," kata Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Yusuf Muhammad Martak di Lorin Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (5/8/2019).

Baca selengkapnya di sini.

5. PDIP Ingin Ubah Sistem Pemilu, Gerindra Prediksi Dibahas 2021

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ingin mengubah sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi tertutup. Partai Gerindra tidak yakin rencana itu bisa dibahas dalam waktu dekat.

Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan usul tersebut sudah diajukan 10 tahun lalu dan selalu gagal. Untuk saat ini, belum bisa dibicarakan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui komisi terkait.

Baca selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip, gerindra, jaksa, mendikbud, AKSI 212, Mbah Moen

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top