Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DUBES RI UNTUK POLANDIA SITI N MAULUDIAH : Menjaga Hubungan Baik dengan Polandia

Menjelang peringatan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia-Polandia, Duta Besar RI untuk Polandia Siti Nugraha Mauludiah menyatakan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama yang telah terjalin selama ini.
Polandia/Istimewa
Polandia/Istimewa

Langkah Utama Mendorong Informasi Publik

Adakah hal-hal yang masih menjadi hambatan bagi kerja sama perdagangan kedua negara?

Hambatan utamanya adalah mental block, baik dari sisi Indonesia maupun Polandia. Dari sisi Indonesia, masih adanya anggapan bahwa Polandia adalah bekas negara komunis yang perekonomiannya masih rendah dan terbelakang.

Sementara itu, dari sisi Polandia, masih banyak anggapan bahwa Indonesia adalah negara yang masih terbelakang dan rendah kemampuan kerja sama ekonominya. Persoalan jarak juga terkadang masih dianggap sebagai hambatan. Hambatan lainnya adalah pengetahuan masyarakat Polandia tentang Indonesia juga bisa dibilang masih rendah.

Apa langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi berbagai hambatan tersebut?

Langkah utama adalah mendorong lebih banyaknya informasi publik yang memuat perkembangan pembangunan ekonomi kedua negara, sehingga publik dapat mengetahui secara lebih komprehensif potensi kerja sama ekonomi yang ada.

Di samping itu, perlu juga dipahami perkembangan regionalisme kedua negara. Polandia adalah negara anggota UE (Uni Eropa), sedangkan Indonesia adalah negara anggota Asean. Kedua negara terikat pada beberapa peraturan perdagangan terkait dengan keanggotaan mereka di kawasan masing-masing.

Oleh sebab itu, negosiasi Indonesia-EU CEPA harus segera dirampungkan, sehingga perdagangan bilateral kedua negara tidak terbelenggu oleh proses negosiasi yang terjadi.

KBRI Warsawa juga akan secara rutin mengadakan business matching untuk mempertemukan dan menghubungkan pebisnis Indonesia dengan pebisnis di Polandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper