Tips Aman Sebelum Mudik

Menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah, mudik sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mereka akan berkunjung ke rumah sanak famili yang ada di luar kota.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 28 Mei 2019  |  07:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah, mudik sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mereka akan berkunjung ke rumah sanak famili yang ada di luar kota.

Sebelum mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa meninggalkan rumah dengan aman dan hati menjadi tenang.

“Sebagian warga Jakarta akan mudik ke luar kota, baik perkantoran maupun rumah perlu memastikan gedung dalam kondisi aman untuk ditinggalkan,” kata Ikhsan Asaad, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya.

Berkaitan dengan keamanan listrik di rumah, pemudik perlu mengikuti tips-tips berikut:

1. Pastikan Jaringan Listrik Aman

Periksa dan teliti kembali kabel-kabel di rumah apakah dalam keadaan baik dan sesuai dengan peruntukannya.

Kabel yang sudah tidak dalam konsisi baik dan mempunyai daya hantar arus lebih kecil dibandingkan dengan arus yang melintas bisa mengakibatkan korsleting. Percikan api dari korsleting listrik yang mengenai bahan mudah terbakar di sekitarnya bisa mengakibatkan kebakaran.

2. Matikan Aliran Listrik

Matikan lampu yang tidak terpakai dan cabut tusuk kontak dari kotak kontak untuk semua peralatan elektronik seperti pendingin ruangan, lemari es, televisi, radio, kompor listrik, dispenser, penanak dan pemanas nasi, dan lainnya.

Jangan hanya sekadar menekan tombol off atau posisi standby.

3. Gunakan Listrik Secara Resmi

Memastikan bahwa listrik yang mengalir ke rumah atau penerangan jalan swadaya harus melalui kWh meter, bukan mengambil langsung dari tiang listrik.

4. Pasang Sensor dan Timer Lampu

Pastikan lampu yang menyala dalam keadaan baik dan gunakan lampu dengan sensor cahaya atau timer. Biasanya lampu ini dipasang di teras atau halaman rumah supaya tetap menyala di malam hari meskipun sedang dalam keadaan tidak berpenghuni.

5. Membayar Listrik atau isi Token

Pastikan listrik sudah dilunasi untuk pelanggan pascabayar dan mengisi token untuk pelanggan prabayar.

Selain tips-tips kelistrikan di atas, masyarakat juga perlu memperhatikan tips meninggalkan rumah saat mudik lainnya, yaitu memastikan pintu dan jendela rumah dalam keadaan terkunci, menyimpan barang berharga di tempat aman, memasang alarm tambahan bila perlu, serta berpamitan kepada tetangga sekitar.

Selama mudik lebaran, PLN tetap melayani pengaduan dan pelayanan melalui Contact Center 123 selama 24 jam atau melalui aplikasi PLN Mobile.

“Personel PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya berjumlah 770 orang dan 32 orang detasemen layanan Khusus PLN tetap siaga penuh selama Idulfitri 1440 H. PLN Tidak melakukan pemeliharaan listrik yang mengakibatkan padam,” kata Ikhsan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top