Pemudik Diminta Waspadai Titik-Titik Banjir di Jabar

Bencana banjir bisa saja menyergap para pemudik yang melintasi Jawa Barat dalam Lebaran 2019 ini.
Pemudik Diminta Waspadai Titik-Titik Banjir di Jabar Wisnu Wage Pamungkas | 27 Mei 2019 20:44 WIB
Pemudik Diminta Waspadai Titik-Titik Banjir di Jabar
Ilustrasi Polisi menggendong seorang ibu berusaha melintasi banjir. - Antara/Fahrul Jayadiputra

Bisnis.com, BANDUNG--Bencana banjir bisa saja menyergap para pemudik yang melintasi Jawa Barat dalam Lebaran 2019 ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Supriyatno mengatakan bencana alam yang bisa terjadi di lintasan mudik atau balik lebaran 2019 bisa berupa banjir hingga tanah longsor.

Dia melansir pertama, Jabar kawasan utara dengan struktur geografis yang datar dan dekat dengan laut memiliki sejumlah titik banjir.

"Banjir rob biasanya terjadi di Jalan Pantura yang berdekatan dengan laut, seperti di Indramayu dan Cirebon," katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (27/5/2019).

Selain itu di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 30 sampai 40 pernah nyaris terendam sungai saat hujan besar atau banjir terjadi di kawasan hulu jika tidak segera diantisipasi dengan perbaikan sistem drainase.

Beberapa titik rawan banjir lainnya, termasuk banjir cileuncang yang harus diwaspadai, katanya, di antaranya kawasan Bandung Raya seperti Gedebage, Rancaekek, dan Dayeuhkoloh di kawasan Jalur Tengah.

Sementara di Jalur Selatan yang meliputi dari Sukabumi Selatan hingga Pangandaran banjir di titik jalur mudik tersebut terbilang minim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, jabar

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top