Hari Ini, Thailand Resmi Angkat Raja Baru

Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand akan diangkat secara resmi pada Sabtu (4/5/2019). Bagaimana ritual penobatannya?
Hari Ini, Thailand Resmi Angkat Raja Baru
Annisa Margrit - Bisnis.com 04 Mei 2019  |  08:12 WIB
Hari Ini, Thailand Resmi Angkat Raja Baru
Foto Raja Maha Vajiralongkorn dipasang di luar kuil Wat Suthat menjelang penobatannya secara resmi di Bangkok, Thailand, Jumat (3/5/2019). - Reuters/Jorge Silva

Bisnis.com, JAKARTA -- Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand akan resmi diangkat sebagai raja dalam sebuah upacara yang digelar di Bangkok, Sabtu (4/5/2019).
 
Vajiralongkorn bakal didampingi oleh Ratu Suthida, yang dinikahinya dalam sebuah upacara yang mengejutkan pada Rabu (1/5). 
 
Reuters melansir Sabtu (4/5), upacara pengangkatan raja mencakup unsur-unsur Buddha dan Brahma. Pada waktu yang khusus, yakni pukul 10.09 waktu setempat, raja akan dipakaikan baju berwarna putih sebelum mengikuti ritual pemurnian kerajaan.

Dalam ritual itu, air suci akan dituangkan ke atas kepala raja. Dalam upacara tersebut, di mana raja "dimandikan" dengan air suci dan diangkat secara resmi sebagai simbol monarki Thailand, Vajiralongkorn akan "diubah" menjadi seorang Devaraja alias dewa berbentuk manusia.
 
Saat raja dimandikan, sejumlah meriam kuno dari abad ke-19 akan melepaskan masing-masing 10 tembakan. Setelah itu, raja akan mengganti pakaiannya dengan seragam dan duduk di tahta kayu bersisi delapan untuk menerima air suci di tangannya dalam sesi ritual berikutnya.
 
Para pejabat terpilih, termasuk pemimpin junta militer Prayuth Chan-ocha, kepala Majelis Legislatif Nasional, dan ketua Mahkamah Agung akan menuangkan air suci tersebut dari delapan arah. Ritual ini menggambarkan arah kompas.
 
Adapun air suci yang digunakan diambil dari 117 sumber air pada bulan lalu. Air suci ini telah diberkati oleh para biksu Buddha dan pendeta Brahma dari kuil di seluruh Thailand, sebelum dicampurkan dan disimpan. 
 
Sebelum siang hari, raja yang telah disucikan akan duduk di bawah payung berlapis sembilan. Kemudian, Vajiralongkorn bakal menerima plakat emas kerajaan yang mencantumkan nama dan gelarnya, horoskop kerajaan, dan segel kerajaan, yang dibuat dalam upacara terpisah pada pekan lalu.
 
Raja baru ini juga akan menerima dan mengenakan lima benda kerajaan dari kepala Brahma. Setelah itu, Vajiralongkorn akan memberikan perintah kerajaan pertamanya, yang bakal menjadi inti dari kepemimpinannya ke depan.
 
Pada sore harinya, raja akan mengklaim dirinya sebagai pelindung Buddha dari kerajaan. Lalu, dia bakal menggelar ritual pindah rumah secara tertutup di istana yang menjadi kediaman pribadi raja.
 
Vajiralongkorn, yang sekarang berusia 66 tahun, diangkat menjadi raja menggantikan ayahnya yaitu Raja Bhumibil Adulyadej yang meninggal dunia pada Oktober 2016. 
 
Pengangkatan Vajiralongkorn secara resmi sebagai raja berlangsung di tengah berlanjutnya konflik antara junta militer dengan pihak oposisi yang menginginkan militer keluar dari pemerintahan. Pada Maret 2019, Thailand menggelar Pemilu pertamanya dalam 5 tahun terakhir, yang mana hasilnya bakal disampaikan pada awal bulan ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
thailand

Sumber : Reuters

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top