75 Persen Caleg Golkar yang Lolos ke DPR Petahana, Termasuk Bamsoet

Calon anggota legislatif Partai Golongan Karya (Golkar) yang melenggang ke Senayan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih didominasi wajah lama.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 02 Mei 2019  |  12:49 WIB
75 Persen Caleg Golkar yang Lolos ke DPR Petahana, Termasuk Bamsoet
Anggota Bidang Kaderisasi Golkar, Imran memberi keterangan kepada wartawan soal caleh Partai Golkar yang lolos ke DPR dalam Pemilu 2019. JIBI/Bisnis - Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Calon anggota legislatif (caleg) Partai Golongan Karya (Golkar) yang melenggang ke Senayan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih didominasi wajah lama.

Anggota Bidang Kaderisasi Golkar, Imran mengatakan bahwa sebanyak 75 persen kader mereka yang menjadi wakil rakyat adalah petahana. Sisanya diisi orang baru.

“Kita didominasi oleh inkumben [petahana] seperti Firman Soebagyo dan Bambang Soesatyo,” katanya kepada Bisnis.com di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Keterpilihan Bambang yang akrab disapa Bamsoet ini mematahkan kutukan bahwa ketua DPR tidak akan bisa terpilih lagi untuk periode selanjutnya. Ini sudah terjadi sejak politisi Golkar sebelumnya, yaitu Akbar Tanjung pada periode 1999-2004.

Sementara itu, caleg baru yang lolos berada di daerah pemilihan Kalimantan Timur. Bengkulu dan Kepulauan Riau adalah kursi baru yang tidak didapat pada pemilu sebelumnya.

Imran menjelaskan bahwa hanya Nurul Arifin yang merupakan caleg dari kalangan selebritas. Hal ini karena partai Beringin fokus pada kemenangan dari kader. Meski begitu, hasil tersebut adalah penghitungan internal dan belum memastikan kemenangan sesungguhnya.

“Ini kan sudah direkap dan timnya [para caleg]. Sudah laporan juga ke DPP [Dewan Pimpinan Pusat] Partai. Cuma tetap kita tunggu hasil rekapitulasi dari Komisi Pemilihan Umum,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
caleg, partai golkar, Bambang Soesatyo

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup