Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komedian Zelensky Menangi Pemilu Ukraina, Poroshenko Akui Kekalahan

Komedian Volodymyr Zelensky memenangkan pemilihan presiden Ukraina dengan mengalahkan Presiden Petro Poroshenko dengan raihan 73,2% suara melawan 25,3%, menurut hasil exit poll atau jajak pendapat usai pemilihan.
Volodymyr Zelensky/Reuters
Volodymyr Zelensky/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA—Komedian Volodymyr Zelensky memenangkan pemilihan presiden Ukraina dengan mengalahkan Presiden Petro Poroshenko dengan raihan 73,2% suara melawan 25,3%, menurut hasil exit poll atau jajak pendapat usai pemilihan.

Memang surat suara belum dihitung oleh Komisi Pemilihan Umum Ukraina, tetapi hasil pemungutan suara itu mengkonfirmasi hasil putaran pertama pemilihan yang diadakan tiga minggu lalu.

Poroshenko mengakui kekalahan pada satu konferensi pers setelah jajak pendapat diumumkan. Dia mengatakan siap membantu presiden baru mempersiapkan peran menjelang pengumuman resmi hasil pemilihan dan pelantikannya.

"Bulan depan, saya akan meninggalkan kantor kepala negara dan  ini adalah keputusan mayoritas orang Ukraina. Saya menerima keputusan ini, tetapi saya ingin menegaskan bahwa saya tidak meninggalkan politik. Saya akan berjuang untuk Ukraina, "katanya sebagimana dikutip Reuters, Senin (22/4).

"Tim saya dan saya siap mendukung presiden dalam segala hal yang membuat Ukraina dekat dengan Eropa dan NATO. Saya siap untuk menghabiskan waktu tanpa batas untuk membantu presiden baru mempercepat proses tersebut, "kata Poroshenko.

Sedangkan Zelensky berjanji kepada pendukungnya untuk tidak mengecewakan mereka.

 "Walaupun saya belum secara resmi menjadi presiden, sebagai warga negara Ukraina saya dapat memberi tahu semua negara pasca-Soviet: Lihatlah kami! Segalanya mungkin!" Tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper