Hasil Quick Count, PDIP: Pembuktian Masyarakat tak Terpengaruh Hoaks

Hasil hitung cepat sejumlah lembaga yang sudah sipu dijadikan sejak pukul 15.00 WIB disebut membuktikan kemampuan masyarakat menangkal serangan hoaks dan fitnah selama proses pemilu berlangsung.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 17 April 2019  |  16:38 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil hitung cepat sejumlah lembaga yang sudah sipu dijadikan sejak pukul 15.00 WIB disebut membuktikan kemampuan masyarakat menangkal serangan hoaks dan fitnah selama proses pemilu berlangsung.

Pendapat itu dikemukakan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Dia menyambut hasil sejumlah hitung cepat yang menunjukkan keunggulan calon preaiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Pada akhirnya kekuatan politik yang sebenarnya itulah yang menjadi benteng terbaik, bahwa politik itu suci, putih, berdedikasi bagi bangsa dan negara," kata Hasto di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Menurut Hasto, Jokowi-Ma'ruf beserta seluruh partai politik koalisi akan mengedepankan semangat persatuan dan persaudaraan sebagai bangsa. Dia juga menyebut bahwa siapapun presiden dan wapres terpilih resmi nanti bukanlah pemimpin golongan atau kelompok tertentu.

Menurut Hasto, semangat rekonsiliasi harus dikedepankan pasca pemilu 2019. Dia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan rakyat kepada Jokowi-Ma'ruf pun PDI Perjuangan yang disebutnya mendapat raihan suara tertinggi di pileg 2019.

"Berdasarkan survei yang juga kami lakukan di internal, exit poll, rakyat juga berikan kepercayaan pada PDIP untuk menjadi pemenang pemilu legislatif. Meskipun kami sadari dan kami taat pada seluruh peraturan perundang-undangan bahwa rekapitulasi manual lah yang akan kita jadikan swbagai sebuah acuan," ujarnya.

Hingga berita ini ditulis, pasangan Jokowi-Ma'ruf meraih 54,77% suara atau unggul dari raihan Prabowo-Sandiaga yang mendapat 45,23% suara berdasarkan hasil hitung cepat lembaga Indikator Politik Indonesia. Sementara pada hitung cepat Indo Barometer Jokowi-Ma'ruf meraih 52,62% suara dan Prabowo-Sandiaga 47,38%.

Pada hitung cepat Charta Politica, Jokowi-Ma'ruf mendapat suara 54,76% dan Prabowo-Sandiaga 45,24%. Hasil hitung cepat dari lembaga-lembaga survei itu bukan hasil final pemilu 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilpres 2019, quick count pilpres 2019

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top