Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL SNMPTN 2019 : ITB Terima 1.546 Orang

Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun ini hanya akan menerima 1.546 orang yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hasil SNMPTN akan diumumkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Jumat (22/3/2019), mulai pukul 16.00 WIB.
Institut Teknologi Bandung (ITB)./Istimewa
Institut Teknologi Bandung (ITB)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun ini hanya akan menerima 1.546 orang yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hasil SNMPTN akan diumumkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Jumat (22/3/2019), mulai pukul 16.00 WIB.

Wakil Rektor ITB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Bermawi Priyatna mengatakan, untuk daya tampung pendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sebanyak 1.574 orang.

Tahun ini ITB kembali membuka jalur masuk ketiga yaitu lewat seleksi mandiri. Daya tampungnya 815 orang.

 “Komposisinya SNMPTN 40 persen, SBMPTN 40 persen, mandiri 20 persen,” kata Bermawi, Rabu (20/3/2019).

Total mahasiswa baru ITB program sarjana 3.935 orang.

Sebelumnya menurut Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Mindriany Syafila, ada beberapa alasan pembukaan kembali jalur seleksi mandiri ITB.

"Rencananya dari kami karena faktor kondisi dan program pembenahan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi," ujar Mindriany.

Faktor pendorong dibukanya lagi seleksi mandiri itu disebutkan karena ada perubahan ketentuan kuota jumlah pendaftar per sekolah pada jalur SNMPTN. Pengurangan itu dinilai bakal memangkas kesempatan mahasiswa potensial untuk diterima di ITB melalui jalur SNMPTN.

Alasan kedua terkait kebijakan pemerintah yang menerapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer secara total yang dikelola Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dampaknya, ujian keterampilan bagi program studi bidang seni dan olahraga dihapus dan digantikan oleh tes gambar dan portofolio karya.

Alasan lain pembukaan jalur seleksi mandiri ITB 2019 yaitu untuk memberikan lebih banyak kesempatan calon mahasiswa untuk diterima. Namun, jika sudah lolos SNMPTN atau SBMPTN, peserta dilarang ikut Seleksi Mandiri dengan berbagai alasan, seperti misalnya ikut lagi karena tidak sreg dengan pilihannya. "Kalau mau nekad mendaftar seleksi mandiri boleh saja, tapi tidak akan diseleksi karena data peserta lulus SNMPTN atau SBMPTN sudah kami pegang," kata Mindriany.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper