Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seorang Caleg Jadi Bos Komplotan Pencuri Uang Nasabah Bank

Polisi menyita uang tunai senilai Rp 40 juta dari komplotan tersangka pencurian uang milik nasabah bank. Seorang caleg disangka menjadi kapten komplotan yang mengaku telah terbentuk lima bulan tersebut.
Ilustrasi/Jibiphoto
Ilustrasi/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi menyita uang tunai senilai Rp 40 juta dari komplotan tersangka pencurian uang milik nasabah bank. Seorang caleg disangka menjadi kapten komplotan yang mengaku telah terbentuk lima bulan tersebut.

Caleg dan komplotannya ini berhasil digulung pada 13 Maret lalu setelah polisi menerima laporan dari korban bernama Fadhlul Anshar pada 4 Maret. Fadhlul melaporkan kehilangan uang dari dalam mobil saat dia mengecek ban yang kempis di kawasan GOR Pakansari, Cibinong, Bogor.

“Menurut pengakuan, mereka telah melakukan aksi pencurian dengan modus seperti ini sebanyak lima kali. Tak cuma di Bogor, tapi juga di Bekasi, Tangerang dan Jakarta,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor, Ajun Komisaris Benny Cahyadi di kantornya, Selasa (19/3/2019).

Benny menginisialkan nama caleg yang menjadi tersangka kapten komplotan itu sebagai SP, usia 36 tahun. Sedang empat lainnya adalah AM (32), NJ (42), HR (28) dan NA (31). Modus mereka adalah tebar paku untuk bikin gembos ban lalu pecah kaca jendela mobil milik korbannya.

Dari barang bukti yang disita, polisi menemukan potongan payung untuk dijadikan paku dan tiga busi sepeda motor untuk pecahkan kaca. Selain itu tiga unit sepeda motor yang biasa digunakan untuk pencurian.

Benny enggan menyebut lebih jauh tentang profil, asal partai maupun daerah pemilihan caleg tersebut. Namun, dirinya mengatakan, kelimanya merupakan sindikat pencuri yang tersistematis dan telah beraksi kurang lebih lima bulan ke belakang.

Benny menerangkan, saat beraksi SP berperan sebagai otak pelaku, pembagi tugas para anggota hingga membagi hasil curian, jugadapat bagian yang terbesar.

 “Di mana sang oknum caleg ini berperan sebagai kapten atau ketua tim,” kata Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper