Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jejak Andi Arief, Diculik Zaman Orba, Politikus Demokrat hingga Terjerat Narkoba

Nama Andi Arief menjadi trending di platform Google pagi ini, Selasa, 5 Maret 2019. Dikenal publik sebagai politikus Partai Demokrat.
Andi Arief/Antara
Andi Arief/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Andi Arief menjadi trending di platform Google pagi ini, Selasa, 5 Maret 2019. Dikenal publik sebagai politikus Partai Demokrat.

Namun, kali ini, nama Andi Arief tidak disebut-sebut karena aktivitas politiknya, tapi karena Kepolisian RI menangkapnya di sebuah kamar di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat pada Minggu (3/3/2019).

Polisi menduga Andi Arief mengonsumsi sabu di kamar hotel itu.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal M.Iqbal mengatakan pengangkapan Andi Arief dari laporan masyarakat soal pemakaian narkoba di hotel itu.

"Penangkapan ini spontan," ujar Iqbal, Senin (4/3/2019).

Tim hukum Partai Demokrat mencari informasi mengenai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu. Di partai yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY itu Andi menduduki jabatan tersebut sejak 2015.

Andi dikenal sebagai aktivis pro demokrasi pada masa Orde Baru. Dia aktif di Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID) yang berafiliasi dengan Partai Rakyat Demokratik (PRD) pada tahun 1990-an.

Andi Arief salah satu aktivis korban penculikan pada 1998. Pria kelahiran Lampung 1970 ini diculik akibat kegiatannya yang saat itu dianggap mengancam Orde Baru. Dia diculik pada Maret 1998 dan dibebaskan pada Juli pada tahun yang sama.

Setelah reformasi, pada 2004, Andi menjadi salah satu orang yang ikut memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden SBY-Jusuf Kalla. Pada tahun 2009, Andi juga turut memenangkan SBY untuk periode keduanya.

Pada pemerintahan periode kedua SBY, Andi Arief didapuk menjadi Staf Khusus Presiden. Ia staf khusus bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam tahun 2009 hingga 2014.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper