Jusuf Kalla: PMI harus Punya 100 Unit Mobil Tangki

Palang Merah Indonesia (PMI) menargetkan memiliki 100 unit mobil tangki untuk distribusi air di daerah bencana.
Anggara Pernando | 08 Februari 2019 13:51 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua dari kiri) yang juga ketua PMI menerima penjelasan dari Presiden Direktur Astra Internasional Prijono, Jumat 8 Februari 2019. - Bisnis/Anggara Fernando

Bisnis.com, JAKARTA – Palang Merah Indonesia (PMI) menargetkan memiliki 100 unit mobil tangki untuk distribusi air di daerah bencana.

Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI yang juga Ketua Umum PMI menuturkan saat ini pihaknya telah memiliki 5 set alat penjernih air. Setiap alat ini memerlukan 20 unit mobil pengangkut.

"Jadi harus ada 100 mobil. Sekarang [setelah ada tambahan melalui CSR Astra] kami sudah punya 70 unit," kata Jusuf Kalla ketika menyaksikan pemenerimaan bantuan CSR 10 unit mobil tangki dari PT Astra Internasional Tbk, di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Jusuf Kalla menuturkan saat ini seringkali bencana terjadi secara bersamaan di Indonesia. Dalam keadaan darurat bencana ini air bersih menjadi kebutuhan yang sangat penting.

"Jadi ini [penambahan 10 unit] sangat membantu sekali. Kalau di daerah bencana yang sulit air [bersih]," katanya.

Prijono Sugiarto, Direktur Utama Astra International menyebutkan penyerahan truk tangki air kepada Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai bagian dari program kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang Kesehatan.

"Tahun lalu, Astra telah menyerahkan 10 unit truk tangki air kepada PMI, sehingga total bantuan truk tangki air dari Astra untuk PMI mencapai 20 unit," katanya.

Tag : jusuf kalla, pmi
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top