SNMPTN 2019: Situs SNMPTN Mulai Buka Proses Pendaftaran

Siswa Sekolah Menengah Umum/Sekolah Menengah Kejuruan (SMU/SMK) yang dinyatakan eligibel (berhak) oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), hari ini Senin (4/2/2019), mulai pukul 14.00 WIB hingga 14 Februari mendatang, dipersilakan untuk melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2019.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 04 Februari 2019  |  08:25 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Siswa Sekolah Menengah Umum/Sekolah Menengah Kejuruan (SMU/SMK) yang dinyatakan eligibel (berhak) oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), hari ini Senin (4/2/2019), mulai pukul 14.00 WIB hingga 14 Februari mendatang, dipersilakan untuk melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2019.

Hari ini mulai pukul 08.00 hingga 15.00 wib, LTMPT akan mengumumkan  siswa yang masuk pemeringkatan dan eligibel untuk mendaftar SNMPTN tahun 2019.



Dari pantauan Bisnis, pada pukul 08.00 wib, situs https://web.snmptn.ac.id/ sudah mengumumkan waktu pendaftaran dapat mulai dilakukan pada pukul 08.00 wib.

Panitia LTMPT memberikan panduan singkat kepada siswa yang dinyatakan berhak mendaftar SNMPTN 2019. Tercatat sebanyak 613.860 siswa yang dinyatakan berhak mendaftar SNMPTN 2019. Adapun jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.

Bagaimana cara mendaftar SNMPTN 2019? Ikuti panduan singkat berikut ini:

  1. Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  3. Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami “seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan”.
  4. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id .
  5. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita.

LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan  memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
snmptn, sbmptn

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top