Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Eka Tjipta Widjaja telah Tiada, namun Namanya Terabadikan untuk Yayasan dan Sekolah

Selain mewarikan dinasti bisnis Grup Sinarmas, almarhum Eka Tjipta Widjaja juga mewariskan Yayasan dan sekolah sebagai bentuk kepedulian Eka Tjipta terhadap masalah sosial.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 26 Januari 2019  |  23:03 WIB
Loading the player ...
30.000 Sekolah Eka Tjipta tersebar di sentra perkebunan sawit di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Video koleksi akun Sinar Mas di Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Selain mewarikan dinasti bisnis Grup Sinarmas, almarhum Eka Tjipta Widjaja juga mewariskan Yayasan dan sekolah sebagai bentuk kepedulian Eka Tjipta terhadap masalah sosial.

Berdasarkan data dari laman resmi Eka Tjipta Foundation ekatjipta.org, Eka Tjipta Foundation (ETF) adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh keluarga Widjaja pada tahun 2006 sebagai wadah pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan bagi seluruh unit usaha dibawah bendera Sinar Mas.

Berkantor pusat di Sinar Mas Land Plaza Tower 2 Jl. MH Thamrin Jakarta Pusat, fokus utama kegiatan sosial Eka Tjipta Foundation adalah bidang pendidikan melalui penyediaan pendidikan berkualitas bagi anak-anak yang tinggal di area perkebunan, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu serta berbagai pelatihanan singkat yakni pelatihan mediasi dan penulisan jurnalistik.

ETF juga terus mendukung terselenggaranya proses belajar mengajar yang baik melalui partisipasi dalam pembangunan sarana dan prasarana sejumlah universitas nasional dan rehabilitasi bangunan sekolah yang terkena dampak bencana alam.

Tak mau hanya melakukan misi sosial yang sentralistik di Jakarta, Eka Tjipta juga menggencarkan misi sosial yang langsung menyentuh kehidupan para petani di ladang sawit Grup Sinarmas.

Sekolah Eka Tjipta

Nama Eka Tjipta juga diabadikan untuk sekolah-sekolah di sentra perkebunan sawit di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Hingga Januari 2018, berdasarkan data sinarmas.com, sekitar 300 sekolah Eka Tjipta telah menjangkau sekitar 30.000 anak kebun dengan tenaga pengajar sebanyak 3.000 guru.

Awalnya, keberadaan fasilitas pendidikan di lokasi yang terpencil, jauh dari pusat kota tadi memang arahan pemerintah. Tapi karena GAR (Golden Agri-Resources) dan Sinar Mas Agribusiness and Food mengelolanya layaknya investasi, mereka bergerak menyelenggarakan pendidikan dari tingkat usia dini hingga sekolah menengah, dengan menggandeng Eka Tjipta Foundation (ETF) lewat program peningkatan kualitas sekolah kebun. Hasilnya, sejumlah Sekolah Eka Tjipta berhasil menyandang status sekolah standar nasional, terakreditasi A.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eka tjipta widjaja
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top