Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Pejabat Korea Utara Pesan Tiket Pesawat Menuju AS, Bahas Kesepakatan Denuklirasasi?

Dilansir Reuters, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan ketiga pejabat Korut tersebut memesan tiket untuk penerbangan hari Kamis (16/1/2019).
Bendera Korea Utara/Reuters
Bendera Korea Utara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga pejabat Korea Utara, termasuk utusan utama yang terlibat dalam negosiasi dengan Amerika Serikat, memesan tiket pesawat untuk penerbangan menuju Washington dari Beijing.

Dilansir Reuters, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan ketiga pejabat Korut tersebut memesan tiket untuk penerbangan hari Kamis (17/1/2019).

Yonhap juga melaporkan bahwa menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan pejabat senior Korea Utara Kim Yong Chol diperkirakan akan bertemu pada hari Kamis atau Jumat di ibukota AS untuk membahas pertemuan puncak antara Donald Trump dan Kim Jong-un.

Sebuah pertemuan dapat berarti kedua pihak hampir mencapai kesepakatan setelah kebuntuan selama berbulan-bulan mengenai upaya mengakhiri program nuklir dan rudal Korea Utara.

Kim Yong Chol, bersama dengan wakil menteri luar negeri Korut Choe Son Hui, dan seorang pejabat, melakukan reservasi pada penerbangan United Airlines ke Washington, ungkap Yonhap, mengutip seorang pejabat bandara China yang tidak diketahui identitasnya.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS, yang sebelumnya dikonfirmasi mengenai kemungkinan pejabat tinggi dari kedua belah pihak bertemu, mengatakan bahwa tidak ada rencana pertemuan yang akan diumumkan."

Kim Jong-un berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi pada KTT dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura pada Juni tahun lalu, namun sejak itu belum ada kemajuan berarti yang dibuat.

Pompeo sebelumnya berencana untuk bertemu Menlu Korea Utara akhir November lalu, tetapi pembicaraan dibatalkan pada menit terakhir.

Namun, hubungan berlanjut setelah Kim Jong-un saat menyampaikan pidato Tahun Baru di mana dia mengatakan dia bersedia untuk bertemu Trump "kapan saja”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper