Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Binaan Rumah Kreatif Jogja Tumbuh Signifikan

Jumlah pelaku usaha binaan Rumah Kreatif BUMN Yogyakarta atau yang lebih dikenal Rumah Kreatif Jogja (RKJ) tumbuh signifikan sejak berdiri pada 2017.
Rumah Kreatif Jogja/rumahkreatifjogja.id
Rumah Kreatif Jogja/rumahkreatifjogja.id

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Jumlah pelaku usaha binaan Rumah Kreatif BUMN Yogyakarta atau yang lebih dikenal Rumah Kreatif Jogja (RKJ) tumbuh signifikan sejak berdiri pada 2017.

Direktur Program dan Inkubasi RKJ Bio Hadikesuma mengatakan hingga saat ini RKJ yang digawangi Bank BRI itu memiliki anggota 43.800 orang yang terdiri dari nasabah BRI dan 1.153 di antaranya adalah pelaku usaha yang datang dari berbagai kota atas kemauan mereka sendiri.

"Dari 1.153 anggota, 18% dari mereka telah mengikuti program pembinaan bersama kami dan hasilnya 57% berhasil menyelesaikan program. Harus diakui bahwa pencapaian kami tahun ini sungguh di luar perkiraan" kata Bio di Yogyakarta pada Selasa (15/1/2019).

Menurut dia, pada awal berdirinya RKJ pada 2017 peserta program pembinaan yang mengalami berhasil tumbuh diperkirakan 15%. Namun, pada akhir tahun justru mencapai 38% peserta binaan RKJ yang berhasil memiliki performa cukup signifikan.

"Bahkan ada beberapa yang mengalami peningkatan omset lebih dari empat kali dan stabil hingga akhir tahun dari Program ini," kata Bio.

Direktur Pengelola RKJ Hanitianto Joedo mengatakan selama 2 tahun berdiri, fokus RKJ adalah mengubah pola pikir setiap pelaku usaha binaan agar memiliki paradigma sebagai pengusaha dan bukan sebagai pedagang.

"Tantangan membina pelaku usaha itu adalah pola pikir, banyak dari mereka yang datang ke RKJ untuk mendapatkan akses pameran seperti di tempat lain. Fokus kami di sini adalah untuk membina mereka memiliki paradigma sebagai pengusaha dan bukan sebagai pedagang," paparnya.

Menurut Joedo, hampir setiap program yang dirancang selama setahun terakhir, lebih menekankan agar para pelaku usaha bisa melihat dan memperlakukan usahanya seprofesional mungkin.

"My Business My Life adalah salah satu pegangan yang kami tekankan. Bagaimana bisnis mereka bisa hidup dan menghidupi, itu yang kami ajarkan bersama 10 pelaku bisnis yang menjadi mentor mereka di sini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper