Wakil Perdana Menteri China Kemungkinan Besar Kunjungi AS Akhir Januari

Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin mengatakan pada Kamis (10/1/2019) bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He kemungkinan besar akan mengunjungi AS pada bulan Januari.
Aprianto Cahyo Nugroho | 11 Januari 2019 08:01 WIB
Steven Mnuchin, kandidat Menkeu AS - Reuters/Fred Prouser

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin mengatakan pada Kamis (10/1/2019) bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He kemungkinan besar akan mengunjungi AS pada bulan Januari.

Dilansir Reuters, rencana kedatangan Liu He ini bertujuan untuk melanjutkan pembicaraan perdagangan sebelumnya yang berlangsung di China.

"Maksud saat ini adalah bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He kemungkinan besar akan datang dan mengunjungi kami di akhir bulan ini dan saya berharap penutupan pemerintah tidak akan berdampak," kata Mnuchin kepada wartawan di Capitol Hill, seperti dikutip Reuters.

"Kami akan melanjutkan pertemuan-pertemuan itu sama dengan saat kami mengirim delegasi ke China,” lanjutnya.

Sebelumnya, perundingan perdagangan antara China dan AS di Beijing berakhir pada hari Rabu (9/1/2019) dan para pejabat mengatakan perincian akan segera dirilis.

Pembicaraan tersebut diperpanjang menjadi tiga hari dari jadwal sebelumnya yang hanya berlangsung 7-9 Januari 2019.

Berbicara pada jumpa pers harian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang membenarkan bahwa kedua pihak telah sepakat untuk memperpanjang perundingan di luar Senin dan Selasa sesuai jadwal semula.

"Saya hanya bisa mengatakan bahwa memperpanjang konsultasi menunjukkan bahwa kedua pihak memang sangat serius dalam melakukan perundingan," ungkap Lu, seperti dikutip Reuters, Rabu (9/1).

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump membatalkan kunjungan yang direncanakan akhir bulan ini ke Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) di Davos, Swiss.

"Karena ketidakpedulian Demokrat pada keamanan perbatasan dan pentingnya keselamatan bagi bangsa kita, saya dengan hormat membatalkan perjalanan saya yang sangat penting ke Davos, Swiss untuk menghadiri Forum Ekonomi Dunia (WEF)," tulis Trump di Twitter.

Belum dapat dipastikan apakah shutdown yang saat ini memasuki hari ke-20 akan berakhir sebelum dimulainya pertemuan ekonomi global tersebut, yang dijadwalkan pada 22-25 Januari mendatang.

Tag : perang dagang AS vs China
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top