Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop Hukum dan Keamanan 2018: Dari Peresmian Badan Siber Hingga Habib Bahar Jadi Tersangka

Kasus pembobolan bank mewarnai berita pada bulan Maret, sementara itu Kapolres Banggai dilengserkan karena penanganan aksi para ibu yang dinilai berlebihan. Di Poso, Polri memperpanjang Operasi Tinombala.
Ilustrasi: Nasabah antre di ATM DBS Bank/Bloomberg.com
Ilustrasi: Nasabah antre di ATM DBS Bank/Bloomberg.com

MEI: Rusuh Rutan Brimob, Korupsi Sang Hyang Seri dan Dirut PT TAB

Kasus pembobolan bank mewarnai berita pada bulan Maret, sementara itu Kapolres Banggai dilengserkan karena penanganan aksi para ibu yang dinilai berlebihan. Di Poso, Polri memperpanjang Operasi Tinombala.

10 Maret 2018

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri meringkus pelaku pembobol rekening Bank DBS. Pelaku berinisial BFH telah melakukan pembobolan bersama suaminya MCI seorang warga negara asal Afrika terhadap rekening milik nasabah Green Palm Capital dan Dali Argo Corps pada Bank DBS Singapura dengan modus e-mail hacking.

Modus operandi yang dilakukan BFH adalah menggunakan KTP palsu atas nama inisial FFA untuk membuka rekening tabungan Bank Danamon atas nama FFH. Pembukaan rekening dilakukan di Kantor Cabang Danamon Pinangsia Karawaci Banten. Kemudian, rekening tersebut pada 3 Maret 2017 telah menerima dana hasil kejahatan pembobolan rekening Dali Agro Corps di Bank DBS Singapura sebesar US$50.000 atau setara Rp662 juta.

23 Maret 2018

Kejaksaan Agung menetapkan dua tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi pembobolan kredit PT Bank Mandiri Commercial Banking Center cabang Bandung. Kedua tersangka berinisial TS dan PPW. Kedua tersangka baru itu merupakan petinggi pada PT Bank Mandiri CBC cabang Bandung yang telah merugikan keuangan negara sebesar Rp1,5 triliun melalui PT Tirta Amarta Bottling (TAB).

25 Maret 2018

Kapolres Banggai Sulawesi Tengah dilengserkan dari jabatannya atas tindakan represifnya kepada ibu-ibu yang tengah melakukan aksi dengan melakukan dzikir bersama di sebuah pengajian majelis taklim. Dzikir bersama tersebut berlangsung di sebuah lahan di Tanjung Sari, Kelurahan Keraton, Kecamatan luwuk, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.

Kapolres Banggai menjalani pemeriksaan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri. Pemeriksaan untuk mencari dugaan pelanggaran yang dilakukan Kapolres itu pada insiden bentrokan antara aparat dan ibu-ibu pengajian saat proses eksekusi tahap kedua atas sebidang tanah yang berlokasi di kawasan Tanjung, Kelurahan Keraton, Kota Luwuk, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah yang berakhir berakhir ricuh pada Senin (19/3).

Sembilan orang warga ditahan akibat kerusuhan tersebut. Kepolisian setempat mengerahkan 500 personel yang terdiri dari 350 petugas yang di-BKO dari Polda Sulteng ke Polres Banggai dan 100 personel dari TNI. Aparat mengerahkan 500 personel gabungan untuk membubarkan warga‎ yang tengah memprotes Pemda setempat.

26 Maret 2018

Adik Presiden Soeharto, Probosutedjo meninggal dunia di RSUP Cipto Mangunkusumo setelah mendapatkan perawatan intensif akibat sakit kanker selama 20 tahun lebih. Probosutedjo selama ini menderita sakit kanker tiroid yaitu pertumbuhan sel abnormal yang terjadi di dalam kelenjar tiroid.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher. Kelenjar ini mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lainnya. Adik kandung Soeharto, Presiden ke-2 RI, ini tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

29 Maret 2018

Mabes Polri memperpanjang masa Operasi Tinombala yang habis pada akhir Maret 2018 dan diperpanjang selama 3 bulan mulai April-Juni 2018 mengingat masih ada beberapa anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Sansoto yang masih belum tertangkap di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Kepolisian masih merahasiakan anggaran yang akan dikeluarkan Polri ‎untuk memperpanjang operasi tersebut. Namun operasi yang sudah dimulai sejak 10 Januari 2016 tersebut akan terus diperpanjang setiap 3 bulan hingga 7 orang anggota teroris pimpinan Kelompok Santoso yang tersisa ditangkap semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper