Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertama Kali, InSight Rekam Hembusan Angin di Planet Mars

Pesawat antariksa milik NASA, InSight untuk pertama kalinya merekam suara desiran angin yang berhembus di Mars dengan kecepatan lima hingga tujuh detik per meter.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 Desember 2018  |  09:04 WIB
Pertama Kali, InSight Rekam Hembusan Angin di Planet Mars
Gambar pertama dikirim kembali ke Jet Propulsion Laboratory NASA (JPL) dari pesawat luar angkasa Insight ditampilkan pada layar video di JPL di Pasadena. - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat antariksa milik NASA, InSight untuk pertama kalinya merekam suara desiran angin yang berhembus di Mars dengan kecepatan lima hingga tujuh detik per meter.

Hembusan angin tersebut terekam di atas panel surya InSight yang telah dikirim dari Bumi pada 16 November lalu. Dua sensor yang disematkan pada InSight mencatat getaran berupa perbedaan tekanan udara di dalam pesawat antariksa dan seismometer di dalamnya.

"Ini (rekaman embusan angin) merupakan data lima belas menit pertama yang berasal dari seismometer dalam waktu singkat," kata Thomas Pike, pimpinan peneliti Imperial College London disela konferensi media seperti dikutip CNN.com, Senin (10/12/2018).

Pike mengilustrasikan suara hembusan angin yang terekam laiknya bendera yang melambai. Bahkan, dia mengibaratkan hembusan tersebut seperti halnya suara yang berhembus dari dunia lain.

Bruce Banerdt, tim penyelidik utama InSight di Jet Propulsion Laboratory NASA di California mengatakan InSight berhasil merasakan angin yang bergerak dari barat laut ke tenggara sekitar pukul 5 sore waktu setempat.

Berbeda dengan misi lain, InSight dikirim untuk mempelajari isi perut Mars yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Instrumen seismologi itu dicantelkan untuk mendeteksi potensi gempa dan mengukur panas yang berasal dari kerak planet.

Sebelumnya, pesawat antariksa Viking 1 dan 2 milik NASA juga pernah mencatat adanya sinyal angin Mars ketika mendarat pada tahun 1976. Hanya saja bedanya, kecepatan hembusan angin yang saat itu tercatat lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa planet mars
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top