CPNS 2018, Tes SKB CPNS Kemenlu Digelar 3 Desember

Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar tahun 2018 mengumumkan hasil kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan nama-nama yang berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang mulai digelar pada 3 Desember mendatang.
Yusran Yunus | 28 November 2018 07:36 WIB
Ilustrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). - Antara/Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar tahun 2018 mengumumkan hasil kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan nama-nama yang berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang mulai digelar pada 3 Desember mendatang.

Pengumuman tersebut disampaikan di laman https://e-cpns.kemlu.go.id/  pada Rabu malam (27/11/2018).

Sebanyak 268 orang yang dinyatakan berhak mengikuti tes SKB tersebut.Adapun peserta tes SKB akan dibagi dalam 2 kelompok terdiri dari peserta SKB kelompok pertama dan kelompok kedua.

Materi tes SKB meliputi tes tertulis menggunakan sistem CAT BKN dan esai, tes kemampuan bahasa asing (untuk jabatan diplomat) serta tes kesehatan meliputi fisik dan psikologi.

Kepada para peserta tes SKB diwajibkan menunjukkan KTTPU dan bukti identitas diri asli (KTP) serta sejumlah aturan lainnya.

Untuk rincian lengkap pengumuman dimaksud, bisa diakses melalui laman https://e-cpns.kemlu.go.id/ .

Pada pertemuan dengan media di Gedung BKN Pusat pekan lalu, Bima Haria Wibisana selaku Ketua Tim Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mengatakan SKB dijadwalkan akan dilaksanakan pada awal Desember.

Untuk yang menggunakan fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dapat dilaksanakan mulai 1 atau 2 Desember. Sementara yang menggunakan fasilitas CAT BKN, bisa dilaksanakan mulai 4 Desember.

"Diharapkan semua proses tahapan seleksi CPNS 2018 dapat dirampungkan pada tahun ini juga. Pengumuman hasil akhir kelulusan setelah nilai SKD dan SKB diintegrasikan, ditargetkan dilakukan pada Desember 2018," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, total formasi yang tersedia dan bakal diperebutkan oleh pelamar berjumlah 238.015, terdiri dari 51.271 Instansi Pusat (76 Kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 Instansi Daerah).

Tag : pns
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top