RI-Polandia Sepakat Perkuat Hubungan Ekonomi, Perdagangan Bilateral Naik 25 Persen

Indonesia dan Polandia berkomitmen untuk mempererat hubungan ekonomi kedua negara. Hal itu disampaikan Retno saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz di Jakarta pada Senin (26/11/2018).
Iim Fathimah Timorria | 26 November 2018 22:31 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (kanan) menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz (kiri) untuk melakukan pertemuan bilateral di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (26/11/2018). - Bisnis/Iim Fathimah Timorria

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dan Polandia berkomitmen untuk mempererat hubungan ekonomi kedua negara. Hal itu disampaikan Retno saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz di Jakarta pada Senin (26/11/2018).

"Polandia merupakan mitra dari Eropa Tengah yang penting bagi Indonesia. Kunjungan Menlu Czaputowicz kali ini juga spesial karena ini adalah yang pertama sejak 21 tahun lalu," kata Retno usai kedua negara melakukan rapat bilateral tertutup di Gedung Pancasila, Kementrian Luar Negeri, Senin (26/11/2018).

Retno memaparkan, selama dua tahun terakhir, performa hubungan ekonomi kedua negara terus mengalami pertumbuhan.

Nilai perdagangan kedua negara selama periode Januari-Agustus 2018 mengalami peningkatan 24,8%. Selain itu, nilai investasi Polandia di Indonesia pada 2017 tercatat mencapai US$20 juta, naik lebih dari 10 kali lipat dari tahun 2016 yang hanya mencapai US$1,6 juta.

Indonesia dan Polandia melihat masih banyak potensi kerja sama yang bisa dikembangkan oleh negara. Kedua negara mengemukakan perlunya usaha lebih keras untuk mendorong hal tersebut, terutama di kondisi perekonomian global yang penuh dinamika.

"Kami setuju memakai momen ini untuk intensifikasi dan memperkuat kerja sama ekonomi termasuk intensifikasi bisnis dengan tujuan memperluas akses ke produk kompetitif kedua negara, dan mengupayakan penerapan perjanjian kerja sama komprehensif Indonesia dan Uni Eropa," sambung Retno.

Sementara itu, Menlu Czaputowicz menyambut baik komitmen penguatan kerja sama kali ini. Indonesia, sebut Czaputowicz adalah mitra dagang yang penting bagi Polandia di kawasan Asia Tenggara.

Polandia juga berencana membuka peresmian badan relasi bisnis Indonesia-Polandia pada Selasa (27/11/2018) di Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Tag : polandia
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top