Bom Meledak di Masjid Afghanistan, 26 Jemaah Salat Jumat Tewas

Sebuah bom bunuh diri meledak di salah satu masjid di pangkalan militer daerah timur Afganistan dan membunuh setidaknya 26 orang pada Jumat (23/11/2018).
Iim Fathimah Timorria | 23 November 2018 21:02 WIB
Ilustrasi bom di masjid di Afghanistan pada 4 Agustus 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah bom bunuh diri meledak di salah satu masjid di pangkalan militer daerah timur Afghanistan dan membunuh setidaknya 26 orang pada Jumat (23/11/2018).

Seorang petugas keamanan setempat mengungkapkan korban ledakan adalah para jemaah yang hendak menunaikan salat Jumat di masjid distrik Ismail Khel, Provinsi Khost.

Semua korban tewas adalah anggota angakatan bersenjata Afghanistan, kata Kapten Abdullah, salah satu juru bicara di pangkalan militer Khost.

Bom bunuh diri yang juga melukai 56 orang lainnya ini terjadi 3 hari setelah ledakan bom bunuh diri terjadi di ibu kota Kabul saat peringatan Maulid Nabi pada Selasa (20/11/2018).

Otoritas Kabul melaporkan ledakan tersebut menewaskan 55 orang akademisi Muslim yang tengah memperingati Maulid Nabi Muhammad dan melukai 90 lainnya.

Hingga saat ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas dua ledakan tersebut.

Namun dugaan kuat mengarah pada jaringan ISIS yang berada di Afghanistan. Mereka telah beberapa kali mengklaim bertanggung jawab atas sejumlah serangan, termasuk dua serangan pada Agustus lalu yang menewaskan puluhan orang.

Taliban juga disinyalir sebagai dalang dalam ledakan di masjid pangkalan militer yang terjadi Jumat ini mengingat intensitas serangan yang tinggi dari kelompok tersebut ke angkatan bersenjata Afghanistan.

Sumber : Reuters

Tag : bom, afghanistan
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top