Pilpres 2019: Timses Diharapkan Usung Kampanye Kebijakan Luar Negeri

Pilpres 2019: Timses Diharapkan Usung Kampanye Kebijakan Luar Negeri
Iim Fathimah Timorria | 21 November 2018 16:21 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan KTT Ke-21 ASEAN-Cina di Pusat Konvensi Suntec, Singapura, Rabu (14/11/2018). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Departemen Hubungan Internasional Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Shafiah Muhibat menilai isu kebijakan luar negeri masih dianggap kurang menarik bagi tim kampanye calon presiden dan wakil presiden jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Kondisi ini, lanjut Shafiah, tidak terlepas dari kecenderungan mayarakat Indonesia yang lebih menaruh perhatian pada isu yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari seperti masalah kesejahteraan dan pendidikan.

"Kalau urusan politik luar negeri apa urusannya? Masyarakat kita punya kecenderungan tidak peduli pada isu yang tidak berkaitan langsung dengan mereka," kata Shafiah di Jakarta pada Rabu (21/11/2018).

Meski perkembangan teknologi informasi memungkinkan masyarakat mengakes pemberitaan dengan mudah, namun hal tersebut belum dibarengi dengan pemahaman yang dalam soal isu internasional dan kebijakan luar negeri Indonesia.

"Sekarang masyarakat bisa dengan mudah melihat perkembangan isu internasional di media sosial, mulai ada atensi dan ketertartikan. Tapi hal ini tidak selamanya diiringi dengan pemahaman yang benar," sambung Shafiah.

Menyiasati minimnya atensi tersebut, Shafiah menekankan perlunya inisiasi masing-masing tim kampanye pasangan capres dan cawapres dalam menaikkan isu kebijakan luar negeri dalam kampanye, termasuk isu internasional yang berkaitan dengan Indonesia.

"Salah satu caranya ya itu, apakah capres-cawapres mau menaikkan isu tersebut? Dan perlu Inisiasi dari mereka juga," ungkapnya.

Shafiah juga menyoroti peran penting media dalam mengedukasi publik perihal isu internasional. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa media adalah sumber informasi utama terkait isu tersebut.

Tag : jokowi, prabowo subianto, Pilpres 2019
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top