Menlu Retno Marsudi: Indonesia Berhasil Capai Sejumlah Target SDGs

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memaparkan kemajuan yang berhasi dicapai Indonesia dalam mewujudkan target Sustainable Development Goals atau SDGs.
Iim Fathimah Timorria | 09 November 2018 19:33 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (empat dari kanan) bersama UN Resident Coordinator in Indonesia, Anita Nirody (tiga dari kanan) saat peringatan UN Day ke-73 di Museum Nasional Indonesia, Jumat (9/11/2018) - Bisnis/Iim Fathimah Timorria

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memaparkan kemajuan yang berhasi dicapai Indonesia dalam mewujudkan target Sustainable Development Goals atau SDGs.

"Melalui serangkaian usaha dalam empat tahun terakhir, Indonesia berhasil memenuhi sejumlah target SDGs. Misalnya, penurunan angka kemiskinan yang menyentuh satu digit 9,8% di tahun 2018. Angka terendah yang pernah dicapai Indonesia," kata Retno dalam sambutannya pada peringatan United Nations (UN) Day ke-73 di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Keberhasilan lain, sebut Retno, mencakup realisasi pemenuhan hak dasar masyarakat yaitu akses air bersih dan jaminan kesehatan.

"Akses air bersih di Indonesia mencapai 76,44% dan jumlah penduduk yang telah terlindungi jaminan kesehatan mencapai 77,78%. Indonesia menargetkan tahun depan 100% sudah terlindungi," sambung Retno.

Retno juga menekankan bahwa negara-negara di dunia perlu menjaga kolaborasi dan kerja sama untuk mewujudkan target-target SDGs. Selain itu, langkah kunci untuk mecapai proyek global itu adalah sinergi di level nasional, regional, dan global.

SDGs merupakan salah satu proyek humanitarian terbesar yang pernah digagas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Disepakati pada sidang Majelis Umum PBB 2015, SDGs berisi 17 target global yang mencakup isu pembangunan sosial dan ekonomi termasuk kesehatan, pendidikan, perubahan iklim, kesetaraan gender, dan keadilan sosial.

Indonesia merupakan salah satu negara yang turut aktif mendukung tujuan berkelanjutan yang diusung SDGs. Hal ini terlihat dari usaha pemerintah menghubungkan sebagian besar target dan indikator SDGs ke dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RJPMN).

Tag : pbb, menlu, SDGs
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top