Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rizieq Shihab Buka Suara Soal Pemeriksaan Polisi Saudi

Rizieq Shihab akhirnya memberi keterangan resmi terkait peristiwa yang membuatnya diperiksa otoritas Arab Saudi Senin (5/11/2018) lalu.
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (tengah)/Reuters
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (tengah)/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akhirnya memberi keterangan resmi terkait dengan peristiwa yang membuatnya diperiksa otoritas Arab Saudi Senin (5/11/2018) lalu.

Pernyataan tersebut disampaikan Rizieq melalui video yang diunggah melalui akun YouTube milik Front TV pada Jumat (9/11/2018).

"Sehubungan dengan adanya kesimpangsiuran berita tentang apa yang baru terjadi di tempat tinggal kami, kami sekeluarga merasa perlu menyampaikan beberapa hal supaya tidak terjadi kesimpangsiuran dan agar publik mengetahui informasi yang benar," kata Rizieq di awal video.

Rizieq menyatakan bahwa benar ada pihak tak dikenal yang menempelkan poster di dinding belakang rumahnya. Poster itu, kata Rizieq, mengakibatkan sejumlah pihak berwenang Saudi datang memeriksa.

Dalam keterangan tersebut, ia mengaku otoritas keamanan Saudi mendatangi kediamannya dengan santun. Ketika diminta untuk memberi keterangan, Rizieq menyanggupi pemeriksaan dilakukan di kantor.

"Jadi tidak betul kalau ada berita saya ditangkap, saya ditahan, rumah saya disergap kemudian digeledah, itu semua bohong. Jadi tidak ada penggeledahan, tidak ada penyergapan. Yang ada mereka datang, mereka turunkan poster, mereka meminta saya menemui mereka, dan mereka minta kesediaan saya untuk memberi keterangan di kantor kepolisian," tegas Rizieq mengonfirmasi.

Rizieq juga membeberkan proses pemeriksaan yang ia jalani. Ia mengaku menerima tiga pertanyaan terkait pemasangan tersebut.

Otoritas Saudi memnanyakan Rizieq apakah ia yang memasang poster tersebut yang kemudian dibantah.

"Kemudian yang kedua pertanyaannya apakah saya tahu siapa orang atau pihak yang menempelkan poster tersebut? Maka saya jawab juga dengan singkat dan tegas, saya tidak tahu," lanjut Rizieq.

Selanjutnya Rizieq ditanyai apakah ada pihak-pihak yang ia curigai. Mengenai pertanyaan tersebut, Rizieq menjelaskan posisi dan apa saja yang ia hadapi selama ini.

Pernyataan resmi Rizieq ini keluar 3 hari usai ia diizinkan kembali ke kediaman usai pemeriksaan. Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri menolak memberi perincian terkait proses pemeriksaan yang dialami Rizieq.

"Mengenai proses hukum Kemlu tidak memiliki wewenang untuk memberi detail. Kemlu hanya bertugas mendampingi melalui perwakilan di luar negeri. Kalau publikasi detail pemeriksaan itu wewenang yang bersangkutan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir di Jakarta Kamis (8/11/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper