Jadi Tersangka, Posisi Taufik Kurniawan di DPR Dievaluasi PAN

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, posisi Taufik Kurniawan di DPR mulai goyah. Partai Amanat Nasional, tempat Taufik bernaung, akan mengevaluasi posisinya sebagai Wakil ketua DPR RI.
Newswire | 31 Oktober 2018 18:21 WIB
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan: Posisinya dievaluasi PAN - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah ditetapkan sebagai tersangka, posisi Taufik Kurniawan di DPR mulai goyah. Partai Amanat Nasional, tempat Taufik bernaung, akan mengevaluasi posisinya sebagai Wakil ketua DPR RI.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan partainya akan mengevaluasi posisi Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN. Posisi tersebut merupakan simbol DPR sebagai lembaga legislatif.

"Pesan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno, posisi Taufik Kurniawan akan kami evaluasi di Pimpinan DPR," kata Yandri di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Dia mengatakan posisi Taufik saat ini bukan hanya kader PAN, melainkan juga simbol DPR. Oleh sebab itu, PAN tidak mau kasus yang dihadapi Taufik ikut menyandera DPR secara institusi.

Menurut dia, proses pergantian posisi Taufik sebagai Wakil Ketua DPR akan diputuskan DPP PAN.

"DPP PAN tentu perlu rapat resmi dahulu siapa yang akan menggantikan Taufik atau kapan pergantiannya. Kami tidak ingin DPR tersandera atau terseret-seret kasus tersebut dan kami juga ingin Taufik bisa konsentrasi serta fokus pada persoalan yang membelitnya," ucapnya.

Selain itu, dia mengaku prihatin atas kasus yang menjerat Taufik dan berharap Wakil Ketua Umum PAN itu tetap sabar dan mengikuti proses hukum secara kooperatif.

Dia mengatakan PAN memiliki prosedur tetap apabila ada kadernya yang diduga terlibat kasus korupsi, di tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, kabupaten/kota maupun kepala daerah.

Seperti diketahui Taufik Kurniawan ditetap sebagai tersangka kasus pembahasan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen.

Selengkapnya silakan baca: Selain Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, KPK Tetapkan Ketua DPRD Kebumen Sebagai Tersangka

Sumber : Antara

Tag : kpk, korupsi, partai amanat nasional
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top