Turki Siapkan Permohonan Ekstradisi atas 18 Tersangka Pembunuh Khashoggi

Pemerintah Turki telah mempersiapkan permohonan ekstradisi terhadap 18 tersangka dalam pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.
Annisa Margrit | 27 Oktober 2018 11:13 WIB
Sejumlah aktivis HAM memegang foto jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dalam unjuk rasa di luar Kedutaan Besar Arab Saudi di Istanbul, Turki, Selasa (9/10). - Reuters/Osman Orsal

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Turki telah mempersiapkan permohonan ekstradisi terhadap 18 tersangka dalam pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Seorang pejabat senior Turki menyatakan permohonan ekstradisi disampaikan kepada Pemerintah Arab Saudi karena Khashoggi dibunuh di Turki.

“Alasan di balik permohonan ini adalah karena Jamal Khashoggi dibunuh di Turki oleh warga Arab Saudi yang bepergian ke Turki khusus untuk tujuan ini,” ujarnya seperti dilansir Reuters, Sabtu (27/10/2018).

Pejabat yang tidak disebutkan namanya itu melanjutkan sistem peradilan di Turki lebih baik untuk menangani kasus ini.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mendesak Riyadh untuk membuka dalang di balik pembunuhan tersebut. Dia mengungkapkan pihaknya memiliki informasi lebih banyak dari yang sudah disampaikan kepada publik terkait kasus ini.

Seperti diketahui, Khashoggi hilang setelah masuk ke Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki pada Selasa (2/10). Dia mendatangi gedung tersebut untuk mengurus dokumen untuk pernikahannya.

Tunangannya menunggu di luar gedung. Tetapi, Khashoggi ternyata tidak pernah keluar lagi.

Dugaan pembunuhan pun muncul karena Khashoggi dikenal kritis terhadap Pemerintah Arab Saudi, termasuk kepada Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Otoritas Turki menyampaikan dia dibunuh oleh orang-orang terdekat MBS.

Namun, kerajaan di Timur Tengah itu membantah terlibat dalam kasus ini. Tekanan dari dunia internasional pun terus berdatangan, termasuk dari salah satu mitra terdekatnya, AS.

Akhirnya, setelah menyangkal selama beberapa pekan, Pemerintah Arab Saudi pun mengakui Khashoggi dibunuh. Lima pejabat senior negara telah dicopot sebagai hasil dari investigasi yang dilakukan.

Sumber : Reuters

Tag : arab saudi, turki
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top